Raih Penghargaan Presiden, Bupati Hendy Optimis Jember Mandiri Pangan dan Pupuk

  • Whatsapp
Bupati Hendy usai menerima penghargaan dan kembali ke Jember (beritalima.com/sugik)
Bupati Hendy usai menerima penghargaan dan kembali ke Jember (beritalima.com/sugik)

JEMBER, beritalima.com | Kabupaten Jember berhasil meraih penghargaan dari Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, Bupati Jember H. Hendy Siswanto optimis kemandirian pangan dan pupuk di Jember tercipta.

Itulah yang disampaikan Bupati Hendy saat kembali ke Jember, setelah menerima penghargaan kehormatan Satya Lencana Wirakarya di Padang, Sumatera Barat, beberapa waktu yang lalu.

Bacaan Lainnya

Bertempat di Pendopo Wahyawibawagraha, Bupati menyampaikan, penghargaan ini wujud dari kerja keras semua pihak, Pemerintah Kabupaten Jember hanya menerimanya saja.

“Ini hasil kerja keras, mulai dari para petani, nelayan, hingga jajaran Pemerintah Kabupaten Jember dan Forkopimda,” ungkapnya, Senin (12/6/2023).

Dengan penghargaan presiden yang diwakili Menteri Pertanian, Bupati Hendy optimis kedepan, Pemkab Jember akan bisa lebih mandiri pangan dan pupuk. Bukan tanpa sebab, Kabupaten Jember sangat kaya akan berbagai produk unggulan.

“Salah satunya adalah Kelengkeng Jemsu,” ungkap Bupati Hendy. Pemkab Jember terus berkomitmen untuk meningkatkan produk unggulan Jember baik pertanian maupun perikanan.

“Kami yakin, next 100 tahun kemudian Jember harus menjadi yang terbaik di dunia ini. Satu Syaratnya, Jember harus bisa mempertahankan pertanian dari hulu hingga ke hilir dengan produk sustainabilitynya,” lanjutnya.

Melalui kerjasama yang apik, Insyaallah Jember akan mendunia. “Wes Wayahe Jember mandiri pupuk dan Wes Wayahe Jember mandiri pangan sudah harus kita canangkan bersama-sama,” tutur bupati.

Kerjasama dalam pertahanan pangan, dicontohkan bupati seperti halnya kerjasama yang terjalin dengan Forkopimda.

“Selama Jember ada, baru pertama kali ini, Kabupaten Jember mendapat penghargaan Satya Lencana Wira Karya ini dari Presiden,” imbuhnya.

Bupati berharap dengan adanya penghargaan ini semakin memperkuat pertahanan dan kerukunan antar stakeholder.

Hal tersebut dikarenakan, jika mandiri pangan dan mandiri pupuk terjadi, maka ketahanan pangan yang dicanangkan presiden di Tahun 2045 akan terjadi.

“Tahun 2045 Indonesia harus mandiri pangan. Hal tersebut bisa dimulai dari Mandiri pangan di Kabupaten Jember, insyaallah,” pungkasnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait