Raih Perunggu, Alicia Nabila Rynfa Siswi Asal Gresik Harumkan Nama Indonesia

oleh -6 views

GRESIK,beritalima.com- Alicia Nabila Rynfa (11) Siswa kelas 6 SD Muhammadiyah 10 GKB,Kecamatan Manyar telah mengharumkan nama Indonesia diajang Internasional. Putri pertama dari pasangan Heri Wahyudi Aqfari dan Alva Kurnia Santi ini berhasil mendapat Perunggu saat mengikuti kompetisi International Mathematics And Science Olimpiad (IMS) kategori IPA (Sains) yang diadakan di Honoi Vietnam, 26 November sampai 1 Desember 2019 lalu.

Dalam olimpiade tingkat SD tersebut Alicia menyisihkan peserta dari 24 negara antara lain, Thaliand, Tiongkok, India, Amerika Serikat, Bulgaria,Arab Saudi Filipina, India, Iran, Kamboja, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Singapura, Thailand, serta tuan rumah Vietnam.


Torehan prestasi Alicia ini juga didapatkan 14 siswa asal Indonesia lainnya dari jalur perwakilan siswa yang pernah menjuarai di Olimpiade Matematika Seluruh Indonesia (OMSI). Lewat jalur ini, Siswa dan siswi Indonesia berhasil menyumbangkan 1 Perak, 13 Perunggu.
Saat ditemui di Sekolahnya, Alicia menceritakan bahwa sangat senang atas perolehan prestasi yang Ia dapat. “perasaanya sih senang. Bisa mewakili Indonesia di tingkat Internasional,” ujarnya, Rabu, kemarin (4/12).

Alicia juga menceritakan awal perjuangannya bisa mewakili Indonesia diajang tersebut melalui berbagai tahap yang harus ditempuhnya. “Awalnya saya mengikuti tingkat kecamatan lolos ke Kabupaten trus ke Propinsi, kemudian mewakili Propinsi tingkat Nasional,” jelasnya.

Saat Alicia ditanya bagaimana kebiasan sehari-hari sehingga bisa mendapat prestasi mentereng tersebut,? Dia menjawab, bahwa setiap hari terus belajar dan les untuk mengasah ilmu yang Ia sukai. Dia juga mengaku sangat suka dengan mata pelajaran IPA dan Matematika“ Saya suka dengan IPA dan Matematika karena ada tantangan untuk mencari jawaban,” pungkasnya.

Sementara itu, Nining Novita Asih Susilo, Guru Pembimbing Mapel IPA di SD Muhammadiyah 10 GKB, mengatakan bahwa bakat Alicia dibidang IPA sudah terlihat sejak Ia duduk di bangku kelas tiga SD. “ Saya lihat dia mennjol di IPA. Apalagi orang tuanya sangat mendukung semangat anaknya,” Kata Nining.

Dari informasi Nining, Selain prestasi tersebut, Gadis cilik ini juga tercatat pernah meraih perak diajang OMSI yang digelar tahun 2017. “ Anak ini juga pernah dapat perak di OMSI tahun 2017,” pungkasnya.(Ron)