Raker 1 DPW FORSILADI Jawa Timur Dibuka Bupati Jombang

  • Whatsapp

JOMBANG, beritalima.com | Sabtu, 5 Maret 2022 DPW Forsiladi Jawa Timur yang dinahkodai oleh Dr. Rukin, S.Pd., M.Si. atau yang akrab dipanggil Gus Rukin, telah mengadakan RAKER 1 bertempat di Bank Jombang Tower Lt.7. Hadir dan sekaligus membuka acara ini Bupati Jombang, Ibu Hj. Mundjidah Wahab yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang Bapak Agus Purnomo, SH, M.Si.

Bupati Jombang dalam mengawali sambutannya mengucapkan terima kasih dan merupakan suatu kehormatan bagi Kabupaten Jombang menjadi tuan rumah pelaksanaan Audiensi dan Rapat Kerja (Raker) Program Penguatan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Forum Silaturahmi Doktor Indonesia (Forsiladi) Jawa Timur.

“Pemerintah Kabupaten Jombang sangat bangga dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan audiensi dan koordinasi koordinasi program DPW Forsiladi Jawa Timur,” tutur Nyai Bupati Mundjidah Wahab.

“Keberadaan forum ini diharapkan dapat menjadi lembaga yang strategis dalam membangun daerah, karena didalamnya terdiri dari para ilmuwan dan ilmuwan yang memiliki berbagai pengetahuan di masing-masing kompetensinya atau sesuai dengan keahlian bidang ilmu yang dimiliki oleh para doktor. Saya optimis ke depan Forsiladi akan berkembang dengan cepat dan diperhitungkan”, tandasnya.

Bupati Mundjidah Wahab juga berharap, melalui forum ini segera menyusun program kerja, sehingga dapat diketahui apa saja yang sesuai atau sejalan dengan pemerintah daerah.

Menurutnya, adanya wadah bagi para Doktor lintas sektor dan keilmuan sangat dibutuhkan oleh Provinsi Jawa Timur, karena dalam penyusunan kebijakan dan strategi program Diperlukan banyak pemikiran dari para pakar dan juga dasar penelitian yang objektif.

“Saya berharap seluruh anggota dapat membangun chemistry dan komunikasi yang baik serta mampu membangun sinergi dengan berbagai elemen baik dari pemerintah maupun non-pemerintah. Ini sebagai kunci untuk kemajuan bersama. Seluruh pengurus DPW Forsiladi Jawa Timur melangkah bersama secara sinergis untuk mencapai visi dan misi yang dibangun bersama, karena jika organisasi dibangun di atas semangat kebersamaan dan silaturahmi, maka organisasi tersebut akan bertahan kuat”.
Kedepan, DPW Forsiladi Provinsi Jawa Timur diharapkan mampu membangun mitra Pemerintah Daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan juga prioritas kebijakan untuk menjadi yang terdepan, serta dapat menjembatani permasalahan yang ada khususnya di Jawa Timur dan memberikan kontribusi pemikiran bagi pembangunan nasional.

“Selamat melaksanakan Program Koordinasi Penguatan DPW Forsiladi Jawa Timur, semoga rapat ini nantinya bisa menghasilkan program yang bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur,” pungkasnya.

Sementara itu Gus Rukin yang merupakan Ketua Forsiladi Jatim, dalam sambutannya menyampaikan dahwa Forsiladi merupakan Organisasi Doktor Pertama di Indonesia yang lahir ditahun 2021, dan sudah ada di 20 Provinsi untuk kepengurusannya. Forsiladi Jawa Timur merupakan Provinsi pertama yang sudah dikukuhkan oleh Dewan Pengurus Pusat. Dan kali ini mulai Rapat Kerja I Dewan Pengurus Wilayah Forsiladi Jawa Timur yang dilaksanakan di Kabupaten Jombang.

“Sinergitas dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota sangat kami perlukan dalam melaksanakan program dan mimpi mimpi kami, agar Forsiladi ini senantiasa memiliki manfaat bagi pembangunan bangsa dan senantiasa bermartabat”, tutur Gus Rukin dalam Raker yang bertema ‘Raker Forsiladi Jawa Timur Sebagai Tonggak Membangun Peradaban Baru Berbasis Kearifan Lokal’ tersebut.

“Selain kami ingin mengembangkan Pertanian, UMKM juga ada Program lainnya adalah mengalirkan 1000 mushaf Al-Qur’an. Dan saat yang sudah kami bantu di Ponpes Al Ahsan Bareng yang kondisinya masih berada di gubug-gubug yang sangat membutuhkan uluran tangan dari pemerintah maupun swasta. Selain itu juga ke Pacet Mojokerto, serta Lamongan yang sudah dikunjungi,” pungkasnya.

Hadir juga Staf Ahli Gubernur Jawa Timur Bidang Sumber Daya Manusia, Dr. H. Akh. Jazuli, SH,M.Si, yang juga memberikan sambutan dan pengarahan kepada peserta raker serta tamu undangan semuanya, beliau yakin bahwa Forsiladi Jawa Timur yang dinahkodai oleh Dr. Rukin, S.Pd. MSi, berserta Pengurus dan Anggota lainnya bisa bersinergi dengan pemerintah dalam mengembangkan potensi daerah. Beliau juga berpesan agar program yang ditelurkan nantinya bisa bermanfaat untuk pembangunan bangsa utamanya wilayah Jawa Timur.

Sementara itu Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VII yang dihadiri langsung Kabag Umum dr. Ivan Rovian, MKP. Menyatakan bahwa LLDIKTI Wilayah VII akan senantiasa siap bersinergi dan bekerja sama dalam meningkatkan mutu Pendidikan Tinggi serta membatu mengarahkan para doktor ini agar segera mencapai jenjang Guru Besar.

Sedangkan Ketua Dewa Penasehat FORSILADI Jawa Timur, Prof. Dr. KH. A. Halim Soebahar, MA. Saat memberikan pengarahannya menyampaikan bahwa forum ini harus benar-benar bermanfaat untuk umat manusia sebagaimana yang telah diungkapkan oleh Gus Ketua tadi. Selain itu forum ini hendaknya memiliki program yang benar-benar bisa bersinergi serta bisa berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Kiai Halim yang juga sebagai Wakil Ketua Umum MUI Jawa Timur senantiasa berpesan agar organisasi ini tumbuh dan berkembang menjadi organisasi yang besar dalam peningkatan sumber daya manusia.

Hadir pula dalam acara ini Ketua DPD Perempuan Tani HKTI Jawa Timur, Dr. Lia Istifhama, M.E.I., yang juga sebagai Bendahara Forsiladi Jawa Timur, Direktur UT Surabaya, Dr. Hj. Suparti, M.Pd., peraih Doktoral terta yaitu di usia 72 tahun, Dr. Drs. Subiantoro M.Si, dan peraih Doktoral termuda yaitu usia 27 tahun, Dr. Nicky Estu Putu Muktar S.Pd,S.Pdi, M.Pd.

Rakerda tersebut ditutup langsung oleh Dr. Afandi Nugroho, MM., yang merupakan Direktur Utama Bank Jombang. (red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait