Rakernas I SMSI 2017 di Surabaya Resmi Dibuka

  • Whatsapp
dav

SURABAYA, beritalima.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) 2017 resmi dibuka oleh Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Komunikasi dan Media DR Gun Gun Siswadi yang mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Surabaya, Rabu (26/7).

Rakernas dihadiri perwakilan 27 provinsi di Indonesia yang telah memiliki kepengurusan daerah. Dua provinsi baru menyatakan kehadirannya pada H-1 pelaksanaan Rakernas, yakni Provinsi Maluku Utara dan Papua.

Sejumlah pejabat dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, Kodam V Brawijaya, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dan utusan instansi yang berpartisipasi dalam Rakernas I SMSI 2017 juga hadir dalam acara pembukaan.
Dalam pemaparan materinya dengan topik Tantangan Demokrasi dan Pembangunan di Tengah Pertumbuhan Media Siber, Gun Gun mengatakan bahwa media siber merupakan wajah baru media massa yang tumbuh sangat pesat.

Menurutnya, keberadaan SMSI diharap bisa menjadi salah satu kontrol terhadap penyebaran berita-berita yang tidak bertanggung jawab atau hoax di kalangan masyarakat. Penyebabnya, penyebaran berita yang tidak bertanggung jawab sebagian besar berasal dari internet (media sosial dan media siber).

Sementara Ketua SMSI Pusat Teguh Santosa mengatakan bahwa ada salah kaprah di masyarakat yang saat ini masih menyamakan media siber dengan media sosial. Tugas SMSI, menurutnya, selain menjadi wadah bagi perusahaan media siber juga untuk menjadi fungsi kontrol sosial melalui teknologi digital.

“Media siber beda dengan media sosial. Media siber harus memiliki badan hukum yang legal dan dilindungi oleh Undang-Undang. Bukan seperti media sosial yang bisa bebas menulis apa saja tanpa mengindahkan kaidah jurnalistik,” ucapnya.

Ketua SMSI Jawa Timur Eko Pamuji menambahkan, pihaknya selaku panitia lokal mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta Rakernas I SMSI 2017. Ia berharap peserta bisa menghasilkan putusan yang maksimal dan selalu terkenang Surabaya dengan SMSI-nya.

Hari pertama pelaksanaan Rakernas I SMSI 2017 diagendakan membahas evaluasi pendataan dan verifikasi perusahaan media siber, peremajaan logo SMSI, teknis pelantikan pengurus, dan iuran wajib anggota SMSI.

Rakernas I SMSI 2017 didukung oleh Pemprov Jawa Timur, Pemkot Surabaya, PT Petrokimia Gresik, PT Garam (Persero), Dinas Perhubungan Jawa Timur, Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur, Madura United FC, Universitas Airlangga, Gabungan Pengusahan Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Pelindo III, Emco Cat, Sari Roti, www.kabarmadura.co, Semen Indonesia, PTPN XI, Terminal Teluk Lamong, Bank Jatim, KKKS Migas dan SKK Migas Jabamanusa. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *