Rakernas P3I, Mempersatukan Pensiunan Pelindo Dengan Kenyamanan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Perkumpulan Purnakarya Pelabuhan Indonesia (P3I) gelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Arcadia Surabaya. Dengan mengusung Tema “Satukan Visi Perkuat Organisasi”, rakernas pertama ini berlangsung mulai Sabtu (18/05/2024) sampai Senin (20/05/2024).

Ketua Umum P3I Azreal Temi mengatakan, Rakernas P3I ini tujuannya untuk konsolidasi, menyamakan visi organisasi guna mencapai harapan terbaik bagi anggota P3I, para pensiunan pegawai Pelindo.

Disebutkan, P3I lahir melalui sebuah proses yang tak terlepas dari kebijakan pemerintah memerger Pelindo I, III dan IV ke Pelindo II untuk menjadi satu Pelabuhan Indonesia (Pelindo), dan sempat diwarnai dengan perubahan nama dari Perkumpulan Pensiunan Pelabuhan Indonesia menjadi Perkumpulan Purnakarya Pelabuhan Indonesia, yang akhirnya telah disepakati oleh managemen Pelindo.

Dengan didampingi Penasehat P3I Husein Latief, Temi mengungkapkan harapan bahwa P3I menjadi satu wadah yang nyaman bagi seluruh pensiunan pegawai Pelindo.

Harapan lainnya, ada solusi terbaik dari managemen Pelindo terkait beberapa kebijakan yang menyangkut hak para pensiunan pegawai Pelindo. Dia menyebut diantaranya tentang layanan kesehatan dan uang duka.

Dalam layanan kesehatan, ungkap Temi, diharapkan bisa diberikan kesamaan bagi seluruh pensiunan pegawai Pelindo, tidak ada perbedaan antara pensiunan Pelindo I, II, III atau IV.

Berikutnya, terkait uang duka atau santunan kematian, yang proses penyerahannya butuh waktu cukup lama karena diperlukan kelengkapan berkas seperti surat kematian yang proses pengurusannya butuh waktu lama.

Harapannya, bila ada pensiunan meninggal dunia, ada kebijakan agar uang duka bisa segera diberikan kepada ahli waris yang barangkali sangat diperlukan.

Dan yang terakhir disebutkan adalah terkait ‘uang ketupat’, yang dulu langsung ditransfer ke nomor rekening pensiunan, belakangan malah kembali ke jaman lawas yakni lewat pos, sehingga pensiunan yang sudah berusia lanjut harus bersusah payah untuk mengambil di kantor pos.

Dipahami kebijakan tersebut dimungkinkan untuk memastikan bahwa yang bersangkutan masih ada. Namun, diharapkan ada solusi lain yang memberikan kemudahan.

Disebutkan, P3I beranggotakan kurang lebih 11.000 pensiunan pegawai Pelindo. Dan Rakernas P3I ini selain dihadiri perwakilan pengurus P3I dari seluruh Indonesia, juga dihadiri pihak managemen Pelindo.

“Para pengurus P3I ini datang ke Surabaya dengan biaya sendiri. Semangat mereka sangat luar biasa, sehingga kami juga ikut bersemangat untuk menjadikan perkumpulan ini sebagai wadah yang nyaman seluruh pensiunan pegawai Pelindo,” tutup Husein Latief. (Gan)

Teks Foto: Perkumpulan Purnakarya Pelabuhan Indonesia (P3I) saat pembukaan Rakernas di Hotel Arcadia Surabaya, Sabtu (18/05/2024).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait