Gandeng HAPI dan PT. Kencana Maju Bersama, Pemdes Karangrejo Gelar Pelatihan Baja Ringan

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Pemdes Karangrejo, Kecamatan Boyolangu bekerjasama dengan PT. Kencana Maju Bersama dan Himpunan Aplikator Indonesia (HAPI), menggelar kegiatan pelatihan baja ringan, diikuti sekitar 30 orang.

Pelatihan baja ringan di Desa Karangrejo masih pertama kali dan akan dilaksanakan lagi sesuai dengan permintaan Pemdes dan masyarakat, mengingat peserta sangat antusias dan banyak yang minat untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Kepala Desa Karangrejo, Dwi Agus Prasetyo, S.Pd, M.M, mengatakan, dengan adanya pelatihan pemasangan kontruksi dari baja ringan, warga yang kesehariannya sebagai tukang, baik tukang bangunan maupun tukang kayu memiliki tambahan pengetahuan dalam mengerjakan kontruksi baja ringan.

“Jika masyarakat mendapatkan pekerjaan terkait pemasangan baja ringan mereka sudah memiliki ilmunya, sehingga kontruksi bisa sesuai dengan standar pemasangan baja ringan,” kata Agus. Sabtu, (18/5/2024).

Menurutnya, selama ini mungkin mereka belum memahami tentang pemasangan dan pemanfaatan baja ringan, karena mungkin yang dikerjakan selama ini bahan dari kayu.

Padahal, saat ini banyak bangunan dan rumah yang menggunakan kontruksi baja ringan untuk bagian atapnya, mulai dari kuda-kuda sampai atapnya menggunakan baja ringan, dan ini biasanya dikerjakan oleh tukang dari pihak penyedia bahan.

“Dengan adanya pelatihan ini, mereka bisa mengambil peran dan menambah penghasilan. Selama ini pekerjaan kontruksi baja ringan dikerjakan oleh orang dari luar Desa Karangrejo,” ujarnya.

Dikatannya, pelatihan ini merupakan bentuk kemitraan dan kerjasama Pemdes Karangrejo dengan HAPI dan juga dengan produsen Kencana dalam hal pelatihan untuk pemahaman dan pengalaman terkait dengan kontruksi baja ringan.

“Semoga peserta yang mengikuti pelatihan ini, bisa menambah pengetahuan dan keterampilan, sehingga bisa digunakan untuk mendapatkan pekerjaan dan penghasilan lebih lagi,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Cabang PT. Kencana Maju Tulungagung Tulungagung, Sutar, mengungkapkan bahwa, masyarakat Desa Karangrejo banyak yang ingin mengikuti pelatihan baja ringan karena ingin tahu dan belajar.

Kebetulan yang mengikuti pelatihan hari ini banyak yang menjadi tukang, hanya saja mereka pengen lebih tahu terkait teknis dan cara pemasangan yang benar.

“Peserta pelatihan diberi pemahaman tentang produk apa dan kualitas bagaimana yang paling bagus, sehingga mereka mengetahui merk-merk apa saja yang mempunyai kwalitas bagus,” ungkapnya.

Ia menerangkan, PT. Kencana Maju Bersama cabang Tulungagung bukan hanya menjual produk saja tetapi juga memberitahu cara-caranya, memberikan penjelasan secara teknis pemasangan yang benar dan langsung praktek.

“Kami sarankan kepada peserta pelatihan, jika ingin membeli baja ringan yang berkualitas dan mempunyai mutu hazat yang bagus, silahkan beli produk dari produsen Kencana,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait