Rangkaian HUT RI Ke-77, SMPN 1 Pakel Gelar Berbagai Lomba dan Jalan Sehat

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Mengisi rangkaian kegiatan HUT RI ke-77, SMPN 1 Pakel, Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menggelar berbagai kegiatan dan lomba.

Acara memperingati HUT RI ke-77 bertempat, di lapangan SMPN 1 Pakel, Sabtu (27/08/2022).

Kepala Sekolah SMPN 1 Pakel Budi Harsono, M.Pd menyampaikan bahwa, kegiatan ini murni ide siswa terutama Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang mengadakan lomba dan jalan sehat.

“Agar kegiatan jalan sehat semakin semarak, panitia membagikan kupon di dekat garis finis dan akan diundi untuk mendapatkan hadiah. Menyediakan panggung hiburan untuk siswa/wi yang berani pentas,” ucap Kasek Budi.

Menurutnya, dibalik acara jalan sehat, ada implementasi untuk belajar Pancasila, menanamkan rasa percaya diri dan menumbuhkan rasa bangga sebagai siswa/wi SMPN 1 Pakel.

Untuk panggung hiburan, memberi kesempatan pada siswa/wi yang berani tampil mengekpresikan kemampuan. Meskipun hanya jalan sehat, namun nilai pendidikannya harus tetap ada.

“kegiatan memperingati HUT RI ke-77, dapat menumbuhkan wawasan kebangsaan untuk cinta tanah air dan rasa tumbuh nasionalisme,” ungkapnya.

lanjutnya, selain jalan sehat, ada lomba antar kelas yang sifatnya menghibur seperti, permainan tempo dulu.

Selain itu, kegiatan yang sangat menonjol dari siswa/wi SMPN 1 Pakel saat ini yaitu, sering ikut even kejuaraan Paskibraka tingkat Provinsi dan mendapat juara.

“Kita selalu dukung selama kegiatan itu positif. Alhamdulillah sampai saat ini, kerjasama dengan wali murid juga bagus. Wali murid memberi support penuh dan membantu biaya perjalanan dan kendaraan selama ikut lomba,” terang Kasek Budi.

Kasek juga berharap, ingin menumbuhkan permainan tempo dulu yang sudah mulai jarang dilakukan siswa.

“Bisa menumbuhkan permainan tempo dulu disini. Karena, setelah ada handphone ( HP) permainan tempo dulu sangat jarang terlihat. Salah satu kegiatan tempo dulu seperti, Sarasehan kangen Tulungagung yang nantinya akan kami adakan di SMPN 1 Pakel,” Harapnya.

Lebih lanjut, Karena permainan tempo dulu mengurangi anak bermain hp dan menambah interaksi sosial.

“Dalam rapat Pendidikan beberapa waktu yang lalu, saat ini, interaksi sosial di sekolah sangat kurang, dan kalah dengan HP. Sehingga, permainan tempo dulu harus segera direalisasikan, agar jiwa interaksi sosial siswa/siswi tumbuh lagi,” tutupnya.

Sementara itu, Gendut Sukandar Waka Kesiswaan mengatakan, kegiatan hari ini merupakan rangkaian HUT RI ke-77.

“Kemarin diawali dengan lomba-lomba, antara lain tarik tambang, kursi panas, gigit kerupuk dan lainnya. Sedangkan, hari ini acara jalan sehat dan ditutup dengan pemberian hadiah kepada murid dari pemenang lomba yang sudah diadakan kemarin,” Kata Gendut.

Tujuan diadakan kegiatan ini menurut Gendut, memberi motivasi kepada peserta didik, karena sudah 2 tahun tidak ada kegiatan sama sekali.

“Dengan dibukanya pembelajaran tatap muka 100%. Suatu bukti untuk menyemangati peserta didik, agar tambah tumbuh semangat belajarnya,” tutur Gendut

Gendut berpesan agar siswa/wi SMPN 1 Pakel tetap semangat dan komitmen Serta tanggung jawab.

“Masa sekarang ini masa penyemangat baru, mari ikuti pembelajaran dengan tertib, disiplin dan tanggung jawab,” pesannya.

Meskipun sudah 2 tahun tidak belajar langsung di sekolah dan hanya online, Gendut berharap siswa/wi tetap semangat, jangan kendor, belajar terus tetap berjalan dan semangat.

“Harus tetap semangat seperti motto dari peringatan HUT RI ke-77 ini, ” Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait