Ratusan Guru Wonosobo Ikuti Bintek Penulisan Soal HOTS

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com | Saat sekarang guru dituntut untuk meningkatkan kompetensi guna menjadi tenaga pendidikan yang profesional sehingga akan menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Dalam meningkatkan kemampuannya tersebut berbagai langkah ditempuh mereka. Salah satunya dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan.

Seperti nampak di SDN 1 Kaliwiro pada Selasa – Jumat, 2 – 5 Juni 2019 sebanyak 192 guru SD dari kecamatan Kaliwiro, Leksono, Kalibawang, Wadaslintang, Kalikajar dan kertek mengikuti Bintek penulisan soal HOTS yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S .red) Widya Ismaya Kaliwiro.

Bacaan Lainnya

Disampaikan Sekretaris panitia bahwa tujuan diadakan Bintek ini guna meningkatkan kemampuan guru dan kepala sekolah dalam menulis soal dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi sering dikenal dengan HOTS (higher order thinking skills .red) yang mengacu pada K13.

Ketika disinggung mengenai pelaksanaan Bintek di waktu hari libur kepala sekolah SDN 2 Kemiriombo ini menyebutkan agar tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar.

“Hal ini dimaksudkan agar selama pelaksanaan selama empat hari ini dari pukul 7.30 – 16.30 wib tidak memakan jadwal mengajar sebab akan merugikan para siswa.” kata Sukiman, S.Pd.

Kepala Dikpora kabupaten Wonosobo, Sigit Sukarsana pada kesempatan sama mengapresiasi para peserta dimana guru sebagai agen perubahan dituntut untuk selalu meningkatkan kompetensinya.

“Ini salah satu bukti mereka menuju guru yang lebih profesional.” Tandas Sigit Sukarsana.

Kadin Dikpora kabupaten Wonosobo ini juga berharap hasil kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi dalam pembuatan soal tingkat tinggi.

“Sehingga kedepannya lebih siap dalam menghadapi USBN.” Harapnya.

Di sisi lain peserta menyambut antusias atas pelaksanaan Bintek yang diikutinya.

“Kegiatan ini merupakan tambahan ilmu bagi kami dalam membuat soal yang lebih berbobot sehingga akan balance antara soal harian, pada saat semesteran dan ujian nantinya.” Ujar Harun Mustofa guru dari SDN Gambarsari kecamatan Kaliwiro ini.

Senada dikatakan salah satu guru dari SDN Timbang kecamatan Leksono yang mengatakan dirinya dan rekan-rekan guru dari kecamatannya banyak mengikuti kegiatan ini.

“Ternyata peserta yang mengikuti Bintek ini mencapai ratusan walaupun sekarang hari libur. Hal menunjukkan kesadaran peningkatan kompetensi agar lebih profesional sangat tinggi walaupun hari liburnya dikorbankan”. Kata Slamet Jumadi. (Buedi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *