Ratusan Hektar Lahan Terbakar, Kapolres Touna Berjibaku Padamkan Api

  • Whatsapp

Ampana, Beritalima.Com – Kapolres Touna , AKBP Boyke Karel Wattimena S.ik M.H ikut berjibaku memadamkan api yang semakin meluas di wilayah kecamatan Tojo dan Tojo Barat Kabupaten Tojo Unauna Sulawesi Tengah.

Hingga pada Kamis siang (12/9/19) api masih terus menyebar membakar dan salah satu lahan yang terletak dengan pemukiman warga di desa Uekuli Kecamatan Tojo membuat tim gabungan kesulitan memadamkan api.

“Kita sempat kesulitan, karena lahan yang terbakar berupa gambut. Walaupun tidak begitu luas, tapi gambut ini kan termasuk yang sulit dipadamkan,” katanya.

Memasuki hari keempat, sejak terbakar sejak senin malam lalu, Kapolres berkoordinasi dengan Kabid damkar dan sekcam Tojo, Terkait penyelesaian lahan dan hutan yang terbakar.

“Kita turun bersama tim satgas karhutla turun langsung padamkan api di lahan belukar yang mengandung gambut,” ujarnya.

Kapolres Touna menyebut pemadaman dilaksanakan didampingi Kapolsek Tojo AKP Petrus A.Matasik S.H, Masyarakat dan Satgas Karhutla Kabupaten Tojo Una-Una.

“Saat itu sekitar lebih kurang satu jam api bisa kita padamkan, dengan berbagai peralatan yang ada saat itu,” kata Boyke.

“Kita mengimbau di musim panas yang terjadi saat ini berharap masyarakat berhati-hati dan tentunya jangan membuka lahan dengan cara membakar,”tambahnya

Dari informasi yang di himpun Berita lima, hingga kini ratusan warga sudah Mengungsi Ke tempat yang lebih aman , terutama warga yang tinggal dilokasi kebakaran terparah di desa Tanamawau. (HW/CH)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *