Rekomendasi Hasil Rapat Koordinasi Sinkronisasi Pengembangan Perfilman 2017

  • Whatsapp

Yogyakarta, beritalima – Penyelenggaraan Rapat Koordinasi Sinkronisasi Pengembangan Perfilman Tahun 2017 ditutup oleh Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Mamam Wijaya, M.Pd.

Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 16-18 Februari 2017 dan bertempat di Gedung P4TK Seni & Budaya Yogyakarta ini telah menghasilkan beberapa rekomendasi dari para peserta yang terdiri dari Instansi Pusat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan/Pariwisata Provinsi, Balai Pelestarian Cagar Budaya, Balai Pelestarian Nilai Budaya, Museum UPT Kemendikbud, Taman Budaya, Perguruan Tinggi Seni, Asosiasi & Perorangan Perfilman dan P4TK Seni Budaya Yogyakarta.

Pengurusan perijinan dan regulasi tidak bertele-tele, mudah, cepat, nyaman berdasarkan infrastruktur dan bisa dilakukan secara dering serta memperhatikan kearifan lokal adat istiadat setempat, merupakan salah satu rekomendasi dari banyak peserta.

Bagi Gedung Taman Budaya, Gedung Kesenian, Badan Pelestarian Nilai Budaya dan Museum merekomendasikan perlu adanya peralatan studio yang memadai dan hal ini berhubungan dengan perlu adanya peningkatan kualitas SDM baik dari instansi pemerintah maupun dari Komunitas-komunitas perfilman lewat pelatihan, nonton bersama & diskusi film, literasi film dan Magang.

Peningkatan apresiasi berupa lomba film festival film dan diskusi film serta literasi film lebih diarahkan kepada film-film hasil karya sineas daerah sehingga terjadi peningkatan produksi film yang bertemakan nilai-nilai budaya, sejarah dan kearifan lokal yang mendorong adanya peningkatan sarana dan prasarana pemutaran film di daerah dengan adanya bioskop di tiap Kabupaten/Kota yang memungkinkan adanya pemerataan masyarakat untuk menonton film.

Dengan demikian diharapkan juga pemerintah daerah dan pusat dalam hal ini perlu mendukung penganggaran dalam APBD maupun APBN yang lebih baik mengingat bahwa film yang baik dan benar merupakan salah satu alat untuk mencerdaskan anak bangsa demi tetap menjaga Nasionalisme Cinta Tanah Air, Indonesia.

(Rov)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *