Rektor Unimus Pemateri Di Seminasik 2016

  • Whatsapp
Foto; Seminar Nasional Ilmu Komputer (SEMINASIK) di Aula M.A.Jangka kampus Universitas Almuslim.

Bireuen,Beritalima – Rektor Universitas Almuslim ( Umuslim ) Peusangan Kabupaten Bireuen,Aceh, Dr. H. Amiruddin Idris, SE, M. Si salah seorang pemateri dalam kegiatan Seminar Nasional Ilmu Komputer (Seminasik) 2016 dengan tema “Entrepreneurship, Business Intelligence” di Aula MA Jangka Kabupaten Bireuen  bersama Romi Satria Wahono, M.Eng., P.hD Mantan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di LIPI.
Romi Satria Wahono, M.Eng., P.hD.,   menyampaikan materi cara berbisnis secara cerdas dengan memanfaatkan perkembangan ilmu komputer.
Seminar Nasional Ilmu Komputer yang dilaksanakan di Aula MA Jangka Peusangan,Bireuen beberapa hari lai itu diikuti 600  peserta.
Menurut Romi Satria Wahono yang sekarang berkiprah sebagai pelaku bisnis dan pakar pengembangan teknologi informatika, saat ini banyak pemanfaatan perkembangan IT dengan  penggunaan data yang menghasilkan peluang bagi lahirnya solusi pemecahan masalah, dan melahirkan peluang bisnis.
Diharapkan mahasiswa tidak boleh menunggu adanya pekerjaan tetapi harus bisa menciptakan dan membuka lowongan pekerjaan.
“Untuk itu kita harus manfaatkan perkembangan teknologi IT dengan mengangkat kearifan lokal menjadi sebuah bisnis, kalau hanya mengharapkan menjadi PNS sangat  kecil peluang motivasi, seraya menyampaikan kepada peserta yang sebagian besar mahasiswa fakultas ilmu Komputer”, Harapnya.
Sementara Dr. H. Amiruddin Idris, S.E., M.Si., mengajak mahasiswa untuk menumbuhkan jiwa wirausaha sejak  duduk dibangku kuliah dan buang jauh-jauh pemikiran hanya untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), semangat dan jiwa wirausaha harus ditumbuhkan sejak menjadi mahasiswa.
Dijelaskan, kewirausahaan sangat penting karena suatu Negara dinyatakan sudah maju diukur dari pekerjaan masyarakatnya, Negara Singapura pekerjaan PNS merupakan pilihan kedua bagi warga Negaranya, sangat berbeda jauh dengan Negara Indonesia dimana pekerjaan PNS merupakan prioritas utama bagi pencari kerja.
“Mahasiswa harus cerdas dan sejak dibangku kuliah harus  bertekat untuk belajar agar bisa mencipatakan lapangan kerja baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain, buang jauh-jauh keinginan untuk menjadi PNS, karena masih banyak ruang dan peluang untuk membuka lapangan kerja”, jelas H. Amiruddin Idris.
Saat ini peluang diterimanya menjadi PNS sangatlah sulit karena peluang lowongannya sangat terbatas, sekarang jumlah tenaga bakti yang bukan PNS di setiap instansi Pemerintah sudah cukup banyak, dan ini pada suatu saat akan menjadi bom waktu bagi Daerah.
Terkait masalah tersebut, mahasiswa harus membuang jauh-jauh keinginan untuk menjadi PNS. Mulai sekarang harus berpikir untuk melakukan sesuatu usaha. Jangan pernah gengsi lulusan Perguruan Tinggi untuk menjadi wirausaha, karena wirausaha yang sudah menempuh pendidikan dengan yang tidak pernah mengenyam pendidikan, baik tingkat sekolah lanjutan atas maupun Perguruan Tinggi sangat berbeda dalam pemikiran dan keilmuan wirausahanya.
Dijelaskan, dengan perkembangan dunia IT sekarang, semakin mudah para wirausaha muda, khususnya lulusan Perguruan Tinggi IT untuk melakukan transasksi secara online, sehingga akan sangat memudahkan bagi mahasiswa untuk melakukan proses marketing terhadap usaha yang dijalankannya”, ujarnya.(SUHERMAN AMIN)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *