Rektor Unwaha Usai Mewisuda Sampaikan Prestasi Kampus dan Prestasi Mahasiswa

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Sebanyak 311 wisudawan – wisudawati Unwaha dari 5 Fakultas dan 14 Prodi, yang berasal dari Fakultas Agama Islam, Teknologi Informasi, Ekonomi, Pertanian dan Ilmu Pendidikan. Rektor Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (Unwaha), Prof. Dr. Ir. Gatot Ciptadi, DESS, IPU ASEAN En merasa bangga terhadap para wisudawan yang mendapatkan gelar baru di Unwaha sebagai pengakuan terhadap kompetensi dan skill baru yang telah diraih.

“Dengan perolehan gelar SARJANA, Saudara kini mengemban tanggung jawab moral maupun materiil, dalam memberikan sumbangsih kepada masyarakat dan bangsa Indonesia,” ujar Rektor dihadapan para wisudawan pada Rapat Terbuka Senat Unwaha, Sabtu (28/1/2023),

Di ruang serba guna asrama Ponpes Bahrul Ulum Tambak Beras, Jombang, Jawa Timur. Rektor menegaskan perlu segera move on dari era revolusi hijau, melangkah ke industry yang smart, robotisasi dan artifisial intelegen, big data dan lain – lain. Menururnya apa yang mestinya terjadi di masa datang, sekarang sudah terjadi (fenomena DEJA Fu).

“Kami percaya seganap sivitas akademika UNWAHA akan tetap berkomitmen menuju UNWAHA YANG LEBIH BAIK, BERMANFAT, BERMARTABAT, akan tetap menjadi pejuang serta pelopor dalam menghadapi perubahan jaman karena selalu berorientasi pada nilai-nilai luhur warisan para pendahulu kita,” tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan Rektor Unwaha dalam satu tahun belakangan ini Unwaha telah mengukir prestasi yang membanggakan baik dosen, tenaga kependidikan, maupun mahasiswa. Prestasi Unwaha tahun 2021-2022 terdiri dari dua prestasi yaitu prestasi kampus dan prestasi mahasiswa.

Prestasi Kampus tahun akademik 2021-2022 diantaranya adalah :
1. 9 top PTNU Kinerja penelitian dan pengabdian masyrakat Sinta Kemdikbudristek RI 2022 (Peringkat ke-4),
2. Penghargaan PT ( Baik )terbaik 3 kategori Implementasi SPMI Terbaik LLDIKTI WIl 7 Surabaya
3. Penghargaan PT (Baik) Kategori Kerjasama Tebanyak terbaik 1 se-wilayah LLDIKTI Wil 7 Surabaya,
4. Kerjasama dengan Universitas Ciputra Surabaya dalam pelaksanaan Program Wirausaha Merdeka Mahasiswa program Kemdikbudristek,
5. Mendapatkan Hibah Penelitian Multi Years 2021, 2022, dan yang akan dan 2023,
6. Kerjasama dengan University oh the Thai Chumber of Commerce Bangkok Thailand yang dilaksanakan di Unwaha Jombang, dan
7. Kerja sama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jombang dalam Temu Pelaku Usaha Se Kabupaten Jombang.

Sedangkan Daftar Prestasi Mahasiswa tahun akademik 2021-2022 sebagai berikut:
1. Juara 1, Lomba Game Developer, Fakultas Tehnologi Informasi.
2. Juara 1, cabang olahraga Pencak silat Pagar Nusa se – Jawa Bali, Fakultas Ekonomi.
3. Juara 1 dan 2, MTQ Tingkat Jawa Timur, Fakultas Agama Islam.
4. Juara 1, tingkat nasional Lomba Qiroatus Syiir di Universitas Darussalam Gontor Ngawi, Fakultas Agama Islam.
5. Juara 1, Tingkat Nasional Vidoografi Competition dengan tema Petani Nusantara di Universitas Muhammadiyah Gresik, Fakultas Pertanian.
6. Juara 2, Tingkat nasional Lomba Qiroatus Syiir di UIN KHAS Jember, Fakultas Agama Islam.
7. Juara 2, Olimpiade Al Qur’an Hadist Nasional di IAN Kediri, Fakultas Agama Islam.
8. Juara 2 Kompetesi Nasional lomba Presentasi Produk di Universitas NegrI Jogjakarta, Fakultas Ekonomi.
9. Juara 2 Lomba Business plan Competition di IAIN Madura, Fakultas Ekonomi.
10. Juara 3 Lomba Poster Islami mahasiswa tingkat nasional di Event Golden Islamic Comptetition Jakarta, Fakultas Agama Islam
11. 10 besar finalis nasional entrepreneur Business concept competition di Festival Agrisbisnis Naional Universitas Brawijaya, Fakultas Pertanian.

“Insya Allah, Unwaha akan melakukan reakreditasi Institusi Perguruan tinggi untuk memperoleh akreditasi BAIK SEKALI/UNGGUL, untuk periode Desember 2022. Mohon doa support dan restunya,” ujar Rektor Unwaha Prof. Gatot Ciptadi.

Namun dijelaskan Prof. Gatot Ciptadi, Unwaha juga memprogramkan untuk segera membuka program magister untuk Program Studi yang sudah terakreditasi “Baik sekali”. Sedangkan Akreditasi Program Studi, yaitu :

Pertama, Peningkatan peringkat akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Informatika yang semula “Baik” Menjadi peringkat “Baik Sekali” Pada Tahun 2022.

Kedua, 2 Program studi mendapatkan peringkat akreditasi BAN-PT “B” yaitu Pendidikan Agama Islam dan Ekonomi Syariah

Ketiga, 10 Program studi mendapatkan peringkat akreditas “Baik” yaitu Pendidikan Bahasa Arab, Manajemen, Sistem Informasi, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Agribisnis, Agroekoteknologi, Teknologi Hasil Pertanian, dan Rekayasa Pertanian dan Biosistem.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua Pembina YPT Bahrul Ulum Dr. KH. Moh. Hasib Wahab., Ketua Umum YPT Bahrul Ulum, Hj. Hizbiyah Rochim Wahab, M.A., Ketua LLDIKti 7, Ibu Prof. Dr. Dyah Sawitri, S.E.., M.M., Koordinator Kopertais IV, Bapak Prof. Akh. Muzakki, Ph.D., Bupati Jombang, Ibu Hj Mundjidah Wahab, Segenap Keluarga Besar Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Segenap Civitas akademika UNWAHA, dan tamu undangan.

“Mohon doa restu kampus Unwaha akan dibangun lagi sebelah gedung yang baru dibangun,” ujar Hj. Hizbiyah.

Lebih lanjut diungkapkan Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab kepada civitas akademika Unwaha berharap untuk dapat mengembangkan potensi pengajaran dan pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas lulusannya setiap tahun, sesuai dengan visi Unwaha menjadi universitas yang berwawasan global dan berkarakter Islami, dengan membekali beragam kemampuan akademik dan keterampilan penunjang.

“Unwaha diharapkan mampu melahirkan lulusan yang berkualitas, siap bersaing baik di dunia kerja, memiliki keahlian dan keterampilan untuk menghadapi kemajuan teknologi dan infomasi,” imbuh Bupati Jombang.

Reporter : Dedy Mulyadi

beritalima.com

Pos terkait