Rencana Perluasan WTP dan Peningkatan Infrastruktur Pembangunan Embung di Pamekasan Dikerjakan 2021

  • Whatsapp
Totok Hartono, Sekretaris Daerah Kabupaten Pamekasan dan Direktur PDAM Agoes Bachtiar, usai pemaparan rencana perluasan WTP infrastruktur Pembangunan Embung pada Tahun 2021 di Mandhepa Agung Ronggosukowati. [Foto : Reporter Andikur Rahman].

PAMEKASAN, Beritalima.com| Pemkab Pamekasan melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) akan berencana untuk melakukan perluasan Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) untuk kategori waduk atau embung diberbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Pamekasan, utamanya yang ada di Desa Samiran dan juga di Desa-desa lainya. Rabu(04/11/2020).

Namun hal tersebut sudah dilakukan peninjauan oleh DPR RI, dari Komisi V bidang infrastruktur dan perhubungan bersama beberapa kementerian RI, pada hari Kamis, Tanggal(13/02/2020), lalu. Dan rencana tersebut pada Tahun 2021 diusulkan oleh Pemkab Pamekasan, akan diperluas pembangunan embung atau waduk.

“Untuk itu pihak pemkab Pamekasan, dalam usulannya tersebut akan menambahkan WTP pada setiap rencana perluasan waduk yang ada di kabupaten Pamekasan nampaknya akan terealisasi pada Tahun 2021 mendatang,” ungkap Totok Hartono, Sekretaris Daerah Kabupaten Pamekasan, di Mandhepa Agung Ronggosukowati. Rabu(04/11/2020).

Lanjut Totok Hartono, mejelaskan bahwa untuk program rencana perluasan embung waduk tersebut nantinya sumber dananya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara(ABPN). Dan pihaknya bersama dinas terkait sedang melakukan pemaparan serta kajian untuk mengevaluasi besaran anggaran yang akan dipersiapkan pada tahun 2021.

“Barusan sudah dilaksanakan pemaparan baik secara teknis untuk peningkatan layanan. Dan untuk optimalisasi peningkatan jaringan nantinya ada 7 kegiatan diberbagai waduk/embung yang ada di Desa-desa. Bagaimanapun nantinya pada musim kemarau air tidak berkurang itu intinya,”jelasnya.

Ditempat yang sama Direktur PDAM Agoes Bachtiar, mengatakan, dirinya sudah mempersiapkan untuk segala sesuatunya termasuk sudah 100%.

“Kami tentunnya sudah siap 100%, untuk melakukan hal ini, nantinya dengan segala yang kita akan lakukan,kalau hal ini tentunya disetujui,”terangnya.

Agoes Bachtiar, memarparkan bahwa jumlah pelanggan PDAM untuk kabupaten Pamekasan total ada 14. 000 pelanggan.

Untuk itu menurut Direktur PDAM, ada tambahan pelanggan sebanyak 4.000 hingga tahun 2021. Dan total semuanya ada 18.000 pelanggan.

“Secara otomatis ada peningkatan laba pendapatan. Sekarang pakai miter pembaca android yang langsung muncul di server rekening pelanggan. Untuk peningkatan pendapatan setiap bulannya pada tahun 2019 ada Rp: 1,3 M. Dan keuntungannya 1,8 M,”pungkasnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait