Rendang, Masakan Padang Terlezat dan Terbaik di Dunia

  • Whatsapp
Rendang daging sapi yang enak, lezat dan halal

Oleh-oleh dari: HM Yousri Nur Raja Agam

Bukittinggi — RagamNews.com — KAPALO jamba atau gulai pendamping nasi utama dalam hidangan resmi perhelatan adat Minangkabau, Sumatera Barat, Indonesia bernama Rendang terpilih sebagai makanan terlezat di dunia.

Selain terlezat dan terbaik, Rendang yang umumnya berbahan dasar daging sapi dengan segala jenis bumbunya, juga diyakini sebagai makanan halal.

Rendang semula merupakan menu utama di rumahmakan yang berasal dari Sumatera Barat yang dikenal dengan “masakan Padang”. Rendang juga sudah menjadi bagian dari menu masakan Indonesia, bahkan restoran internasional.

Para perantau asal Minang atau Sumbar sudah mengembangkan sayap berada di mana-mana, terutama di seluruh Nusantara dan negara jiran Malaysia dan Singapura.

Membuka rumahmakan atau warung dengan cap “masakan Padang” merupakan mata pencarian, selain pekerjaan lain bagi perantau Minang. Warung makan kaki lima yang menjual masakan Padang popular dengan sebutan Rumahmakan Ampera.

Sebutan Ampera ini ada sejarahnya. Dulu di tahun 1966, mahasiswa dan pelajar yang tergabung dalam aksi demo KAMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia) dan KAPPI (Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia) dijuluki sebagai Laskar Ampera Angkatan 66.

Ampera adalah singkatan dari Amanat Penderitaan Rakyat. Jadi, Angkatan 66 itu melakukan demonstrasi menumbangkan rezim Orde Lama di jalan dan kantor pemerintahan di Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia.

Laskar Ampera ini berunjukrasa menuntut Tritura (Tiga Tuntutan Rakyat), yaitu: (1) Bubarkan PKI, (2) Turunkan harga — terutama BBM, (3) Reshufle Kabinet 100 Menteri.

Saat itu banyak yang menyumbang makanan nasi bungkus. Nasi bungkus yang umumnya dibeli penyumbang dari warung Padang yang banyak terdapat di sepanjang jalan-jalan di Jakarta. Sejak saat itu warung-warung masakan Padang itu berubah nama dengan sebutan Rumahmakan Ampera.

Pada awal Pemerintahan Orde Baru itu, Ampera menjadi terkenal. Sekaligus menu utama masakan Padang bernama Rendang makin mengubah selera makan masyarakat Indonesia.

Rendang tidak saja menjadi menu Nusantara, tetapi menjadi makanan favorit di lidah para wisatawan mancanegara. Akhirnya, Rendang mengorbit menjadi menu restoran internasional.

Tahun 2010, Rendang masuk urutan ke-11 makanan terlezat di dunia versi situs CNNGo. Kemudian tahun 2011 sampai 2017 ini Rendang tetap bertengger menempati posisi teratas daftar 50 makanan terlezat dan terbaik di dunia.

Rendang dengan cepat mengalahkan makanan dari Thailand, massaman curry, yang sebelumnya menempati urutan pertama. Kini, kuliner khas Negeri Gajah tersebut terlempar ke posisi 10.

Bukan hanya itu, Rendang ternyata juga mengalahkan makanan terfavorit Jepang, yaitu sushi yang hanya menempati posisi tiga. Makanan terbaik Asia yang digeser Rendang, di antaranya dim sum (Hongkong), ramen (Jepang), peking duck (China), pad thai, tom yam goong, dan som tam (Thailand).

Rendang mengalahkan pula makanan khas Indonesia lainnya, yaitu nasi goreng yang berada di urutan kedua. Namun disayangkan karena sate tidak mengikuti jejak Rendang dan nasi goreng yang berhasil masuk 10 besar daftar 50 makanan terbaik di dunia. Sate hanya menempati urutan ke-14.

Inilah daftar 50 makanan terlezat dan terbaik di dunia:

1. Rendang

2. Nasi goreng

3. Sushi (Jepang)

4. Tom yam goong (Thailand)

5. Pad thai (Thailand)

6. Som tam/papaya salad (Thailand)

7. Dim sum (Hong Kong)

8. Ramen (Jepang)

9. Peking duck (China)

10. Massaman curry (Thailand)

11. Lasagna (Italia)

12. Kimchi (Korea)

13. Chicken rice (Singapura)

14. Sate

15. Ice cream (USA)

16. Kebab (Turki)

17. Gelato (Italia)

18. Croissant (Perancis)

19. Green curry (Thailand)

20. Pho (Vietnam)

21. Fish ‘n’ chips (Inggris)

22. Egg tart (Hong Kong)

23. Bulgogi (Korea)

24. Fried rice (Thailand)

25. Chocolate (Meksiko)

26. Penang assam laksa (Malaysia)

27. Tacos (Meksiko)

28. Barbeque pork (Hong Kong)

29. Chili crab (Singapura)

30. Cheeseburger (USA)

31. Fried chicken (USA)

32. Lobster

33. Seafood paella (Spanyol)

34. Shrimp dumpling (Hong Kong)

35. Neapolitan pizza (Italia)

36. Moo nam tok (Thailand)

37. Potato chips (USA)

38. Warm brownie and vanilla ice cream

39. Masala dosa (India)

40. Bibimbap (Korea)

41. Galbi (Korea)

42. Hamburger (Jerman)

43. Fajitas (Meksiko)

44. Laksa (Singapura)

45. Roti prata (Singapura)

46. Maple syrup (Kanada)

47. Fettucini alfredo (Italia)

48. Parma ham (Italia)

49. Lechon (Filipina)

50. Goi cuon (Vietnam)

Demikian sekilas tentang riwayat Rendang dikaitkan dengan warung Padang dan Rumahmakan Ampera (¥),

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *