Resmikan Pasar Rakyat Ampana, ini Pesan Bupati Touna

  • Whatsapp

Ampana, Beritalima.Com -Bupati Kabupaten Tojo Unauna Mohamad Lahay SE MM meresmikan Pasar Rakyat Ampana yang terletak di kecamatan Ampana Kota Senin (16/9/2019).

Pasar Rakyat Ampana merupakan pasar baru ditempati para pedagang yang telah direlokasi dari pasar sentral Ampana yang lama yang terletak dikecamatan Ratolindo .

Sebagaimana kita ketahui, pasar sebagai tempat transaksi antara penjual dan pembeli memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dan strategis dalam kegiatan perekonomian masyarakat yaitu sebagai fungsi distribusi, fungsi pembentukan harga dan fungsi promosi ” ucap Bupati Touna mengawali sambutannya

peran pasar kata Bupati, dalam perekonomian merupakan bukti bahwa pasar adalah sesuatu yang sangat vital atau penting karena menyangkut hajat hidup orang banyak. karena hampir semua orang membutuhkan keberadaan pasar untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

“pasar juga sebagai salah satu tempat dimana hubungan sosial antar individu didalam masyarakat terjadi. seringnya terjadi interaksi didalam tempat ini menjadikan aktifitas tawar menawar hingga terjadinya proses jual beli yang memberikan konsekuensi serta berdampak langsung pada kondisi ekonomi ” terangnya

Bupati tojo una una menambahkan pembangunan pasar ini dibangun di atas lahan ± 4,5 hektar dari tahun 2013 s/d 2019 melalui dana APBN kementrian perdagangan republik indonesia dan APBD kabupaten tojo una una.

” kontribusi untuk pelaksanaan pembangunan pasar yang bersumber dari dana APBN sejak tahun 2013, 2014, dan 2016. dan selanjutnya dilanjutkan dengan dana APBD hingga saat ini” tambahnya

hal ini kata mohamad Lahay, sejalan dengan program pemerintahan presiden joko widodo berupa program revitalisasi 5000 pasar diseluruh indonesia yang salah satunya pemerintah kabupaten tojo una-una melalui dinas perindustrian dan perdagangan ikut mendapatkan bagian dalam program tersebut melalui anggaran dana alokasi khusus maupun dana APBN tugas pembantuan kementrian perdagangan republik idonesia. karena itu pemerintah pusat sangat berharap dan juga menjadi harapan kita semua agar pasar ini secepatnya untuk di fungsikan.

Bupati menambahkan, infrastruktur yang ada dipasar ampana ini telah dilengkapi dengan wifi, dan PT TELKOM palu telah melounching internet/wifi gratis sebanyak 12 titik di wilayah kabupaten tojo una una. dan yang berkapasitas besar diberikan di pasar rakyat ampana sebesar 100 megabyte.

“pemasangan wifi gratis ini bertujuan untuk melancarkan aktifitas informasi perdagangan. dan kepada SAT POL PP kabupaten tojo una una, setelah diresmikan dan ditempatinya pasar rakyat ini, agar segera menertibkan para pedagang yang berjualan di pinggir jalan.

Bupati Kabupaten tojo una una menyampaikan ucapan terima kasih kepada menteri perdagangan republik indonesia yang telah membantu pembangunan pasar sejak tahun 2013 sampai sekarang khususnya pelaksanaan pembangunan pasar ini telah dibantu selama 3 (tiga) Tahun.

Acara peresmian pasar di hadiri Kepala SKPD lingkup pemkab Touna, unsur forkopimda, Kepala BUMD, dan BUMN, tokoh Tokoh masyarakat dan para pedagang. (HW/CH)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *