Resmikan Sentra HKI PENS, Wagub Emil Apresiasi HKI PENS Ikut Dorong Terciptanya Inovasi Teknologi

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak meresmikan Sentra Hak Kekayaan Intelektual Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (HKI PENS) di Sentra HKI PENS, Gedung Pasca Sarjana PENS, Surabaya, Rabu (10/11).

Peresmian tersebut ditandai dengan pemotongan untaian melati oleh Wagub Emil dan Direktur PENS Ali Ridho Barakbah. Sentra HKI PENS sendiri berdiri dimaksudkan untuk memberikan layanan dan informasi seputar HKI yang meliputi layanan dan informasi pendaftaran HKI (Paten, Desain Industri, Merek, dan Hak Cipta).

Layanan ini ditujukan untuk civitas akademika PENS dan juga pihak external yang hendak mendapatkan perlindungan atas karya intelektual mereka.

Atas diresmikannya Sentra HKI PENS, Emil Dardak mengapresiasi PENS yang telah menggagas sentra ini. Sentra Hak kekayaan intelektual ini akan semakin mendorong terciptanya inovasi.

Selain mendorong terciptanya inovasi, eksitensi di PENS juga mampu menciptakan talenta-talenta yang memiliki kompetensi di bidang elektronik atau teknologi digital. Apalagi elektronik atau teknologi digital ini merupakan masa depan yang tak hanya programming tetapi juga hardware.

“Penerapan teknologi digital mengakselerasi berbagai inovasi lain baik mechanical, artificial intelligence. Semuanya ini mendorong terobosan-terobosan baru yang harus segera dilakukan. Semua hanya bisa dilakukan jika hak kekayaan intelektualnya clear,” jelas mantan Bupati Trenggalek itu.

Untuk itu, Wagub Emil berharap, PENS sebagai politeknik paling produktif di Indonesia dalam HKI akan semakin terdorong lagi dalam memperjuangkan HKI karya anak bangsa.

Pada kesempatan yang sama, Emil mengatakan, Pemprov Jatim berkeinginan untuk membangun ekosistem dalam upaya menindaklanjuti HKI yang ada di PENS.

“Artinya ada langkah prototyping hingga ke tahap komersial dan non komersial, menyusun business modelnya. Hal-hal demikian harus dipikirkan dengan detail. Agar HKI ini dapat bermanfaat,” jelas Emil.

Sementara itu, Direktur PENS Ali Ridho Barakbah menyampaikan, peresmian ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan sekaligus rangkaian kegiatan “Karya PENS untuk Bangsa”.

PENS sendiri setiap tahunnya mengalami peningkatan dalam pendaftaran HKI. Tahun 2019 ada sebanyak 19 dan tahun 2020 sebanyak 23. Sedangkan tahun ini ada 45 pengajuan hak paten/hak kekayaan intelektual.

“Kita mendapatkan piagam penghormatan karena pengaju hak paten terbanyak di politeknik. Karenanya, dengan Sentra HKI PENS ini bisa mengakselerasi kekayaan intelektual kita, kontribusi kita kepada masyarakat,” pungkasnya.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait