Ribuan Orang Ikut Andil Dalam Peringatan HPSN

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com-

Ribuan orang dari berbagai elemen ikut andil dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) ke-2 tahun 2017 di DKI Jakarta yang di laksanakan mulai dari tanggal 14 hingga 28 februari 2017 mendatang.

Menurut Isnawa Adji Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Pelaksanaan Kegiatan ini dilatarbelakangi tragedi longsornya TPA Leuwigajah Jawa Barat yang menelan ratusan korban meninggal dunia pada tanggal 21 Pebruari 2005 dan hilangnya 2 kampung adat dari peta sehingga pada setiap tanggal 21 februari diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional.

“Maksud diselenggarakan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional adalah untuk mengingatkan kembali dampak yang di timbulkan sebagai akibat timbulan sampah yang tidak terkendalikan,”tutur Isnawa kepada beritalima.com, Selasa (21/02/2017).

Adapun tujuan dari kegiatan ini tambah Isnawa Adji, adalah untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat di Provinsi DKI Jakarta, mulai dari pribadi, komunitas, para stakeholder dalam mengelola sampah untuk mewujudkan Jakarta Bersih Sampah 2020 dan juga untuk memperkuat komitmen Provinsi DKI Jakarta sebagai salah satu destinasi wisata bahari unggulan yang berkelanjutan.

Rangkaian pelaksanaan kegiatan ”Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2017” di Provinsi DKI Jakarta sendiri berlangsung dari tanggal 14 hingga 28 Februari 2017 mendatang.

“kegiatan yang di mulai pada tanggal 14 Februari 2017 lalu yakni kegiatan Gembira bersama Kelola Sampah Menuju Cara Hidup Sehat, yang diselenggarakan di gedung Manggala Wanabhakti oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diikuti oleh siswa sebanyak 1000 orang sedangkan pada tanggal 18 sampai 19 Februari 2017 aksi bersih bersih di sekitar kawasan teluk Jakarta oleh Sudin Lingkungan Hidup Kabupaten Pulau 1000 yang melibatkan 200 orang, dan sampah yang terkumpul sebanyak 7 truk.
Pada tanggal 19 Februari 2017 kegiatan PRAISE dialog Multi stakeholder ”Membangun Ekosistem Pengelolaan Sampah Terintegrasi” yang melibatkan kerjasama seluruh stakeholder. Dengan jumlah peserta sebanyak 500 orang diselengarakan atas kerjasama para stakeholder, kementrian Lingkungan hidup dan Kehutanan dan para komunitas lingkungan,”beber Isnawa Adji.

Sementara itu Pada hari ini tanggal 21 Februari 2017 merupakan puncak acara kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional 2017 di Provinsi DKI Jakarta, dimana seluruh elemen masyarakat baik dari unsur TNI/Polri, Pemilik kawasan perumahan, pengusaha, sekolah, pengelola gedung semua bergerak untuk melakukan bersih-bersih dilingkungannya.

Ditambahkan Isnawa secara umum pelaksanaan kegiatan tersebut di pusatkan di 5 (lima) lokasi yaitu, Kawasan ekowisata mangrove, kegiatannya berupa aksi bersih bersih, penimbangan sampah anorganik, edukasi siswa tentang penangan sampah, dan penanaman mangrove, di lokasi ini melibatkan peserta sebanyak 1000 orang. Kawasan Hutan Lindung Mangrove kegiatannya berupa aksi bersih bersih, penimbangan sampah anorganik, dan penanaman mangrove, di lokasi ini melibatkan peserta sebanyak 700 orang. Kawasan arberotrum kegiatannya berupa aksi bersih bersih, penimbangan sampah anorganik yang melibatkan peserta sebanyak 300 orang. Kawasan hutan mangrove elang laut kegiatannya berupa aksi bersih bersih, penimbangan sampah anorganik, dan penanaman mangrove yang melibatkan peserta sebanyak 600 orang. Kawasan Ecomarine, Muara Angke coordinator penyelenggara PT PJB UP Muara Karang kegiatanya berupa aksi bersih pantai dan penanaman mangrove sebanyak 5000 pohon. Dalam kegiatan ini akan melibatkan peserta kurang lebih 1000 orang, yang berasal dari para pengusaha, para komunitas, unsur TNI/Polri dan tokoh masyarakat peduli kebersihan.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada panitia, para Stakeholder serta semua pihak yang telah berpartisipasi aktif dalam mendukung kegiatan ini. Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar serta mampu memberikan manfaat bagi kita semua dan dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam menjaga kelestarian tata lingkungan serta dapat menjadi energi penggerak yang cukup kuat dalam perbaikan ekosistem,”tutupnya.

Hadir dalam peringatan HPSN tersebut antaralain Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Deputi Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Walikota Administrasi Jakarta Utara, Para Kepala Suku Dinas Lingkup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan para stakeholder yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional serta para tokoh masyarakat di sekitar Kawasan pantai Indah Kapuk.(Edi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *