Ribuan Peserta Ikuti Tes Perangkat Desa

  • Whatsapp

Kediri, beritalima.com | Seleksi ujian perangkat desa yang tersebar di 25 Kecamatan se-Kabupaten Kediri serentak sebanyak 163 Desa dengan total 321 formasi atau lowongan yang diperebutkan 1.229 peserta berlangsung di Convention Hall Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri, Jawa Timur,di ikuti ribuan peserta. Rabu (27/12/2023) pukul 08.00 hingga selesai.

Ketua Paguyuban Kepala Desa (PKD) Kabupaten Kediri Imam Jami’in mengatakan, pelaksanaan seleksi ujian perangkat desa dari berbagai formasi sebanyak 321 yang diikuti 1.229 dari 163 desa.

“Untuk teknis pelaksanaan ujian penjaringan perangkat desa dengan menggandeng pihak ketiga atau akademisi Universitas Islam Malang (Unisma) untuk proses tes penyelenggaraannya,” ujarnya.

Lanjut Imam bahwa dari ribuan peserta dibagi ke dalam dua sesi ujian, di mana kloter pertama berisi 613 peserta dan sisanya 616 mengikuti kloter kedua. Nantinya hasil ujian akan langsung keluar dan peserta bisa melihat nilai akhir ujian.

“Untuk informasi kelulusan secara resmi, tiap-tiap desa akan memberikan pengumuman hasil ujian di desanya masing-masing, ” ucapnya.

Dijelaskan Imam untuk 321 formasi atau lowongan yang diperebutkan, mulai dari Sekretaris Desa, Kepala Dusun, Kasi dan Kepala Urusan Administratif.

Meski sempat mengalami kendala teknis dalam beberapa waktu, ujian penyaringan perangkat desa se-Kabupaten Kediri, namun masih bisa berjalan lancar.

“Meski sempat ada kendala teknis, laptop yang dipakai beberapa eror. Tapi sudah teratasi dan kami upayakan semuanya selesai hari ini,” jelasnya.

Ditambahkan Imam bahwa pelaksanaan ujian sendiri secara teknis mengikuti regulasi yang ada kita menggunakan CAT, nanti peserta bisa langsung tahu hasil nilainya, dan panitia akan mengumumkan di desa masing-masing.

“Materi yang diujikan ada materi umum dan praktek komputer. Dan nilai tertinggi yang otomatis nanti akan dilantik, “pungkasnya.

Imam juga menambahkan, meskipun dalam pelaksanaan ujian ada kendala sedikit karena jaringan di komputer, tetapi terus dilakukan berbenah dan diupayakan satu hari selesai.

“Kami berharap ujian seleksi ini bisa berjalan lancar dan sukses serta menghasilkan perangkat desa yang berkualitas dan bermutu untuk memajukan desanya masing-masing,” harapnya. [Jar]

beritalima.com

Pos terkait