Pemdes Banjarbillah Jaring Aspirasi Pembangunan Melalui Musrenbangdes

  • Whatsapp

SAMPANG, BeritaLima.com – Pemerintah Desa Banjarbillah, Kecamatan Tambelangan, Kabupaten Sampang, menggelar musyawarah Desa (Musrenbangdes) dalam rangka penetapan Rancangan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) Tahun 2024 dan Daftar Usulan RKP Desa (DURKP) Tahun 2025. Yang dilaksanakan di aula Kantor Desa setempat, Senin (25/9/2023).

Musrenbangdes tersebut dihadiri oleh Perwakilan Camat Tambelangan bersama tim, Pendamping Desa, Pelaksana Jabatan (PJ) Kepala Desa Banjarbillah beserta perangkatnya, ketua BPD dan anggotanya, Bhabinkamtibmas dan Babinsa, dan perwakilan tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat.

Sedangkan tujuan dari Musrenbangdes
dalam sambutannya, PJ Kepala Desa Banjarbillah Mat Sapik, menyampaikan bahwa Musrenbangdes merupakan forum musyawarah perencanaan pembangunan Desa yang diselenggarakan secara partisipatif oleh pemerintah desa, BPD, lembaga Desa, unsur masyarakat, dan unsur pemerintah.

“Musrenbangdes ini bertujuan untuk menjaring aspirasi masyarakat dalam rangka penyusunan RKPDes dan DURKP,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa RKPDes merupakan penjabaran dari RPJMDes yang memuat rancangan prioritas pembangunan desa untuk jangka waktu 1 tahun. Sedangkan DURKP merupakan daftar usulan prioritas pembangunan desa untuk jangka waktu 2 tahun.

Sapik menambahkan bahwa hasil Musrenbangdes tersebut akan menjadi dasar dalam penyusunan RKPDes Banjarbillah Tahun 2024 dan DURKP Desa 2025.

Sementara itu, perwakilan Kecamatan Tambelangan, Moh. Nurul Huda menyampaikan permintaan maaf karena Camat Tambelangan berhalangan hadir karena ada kegiatan lainnya. Ia berharap agar hasil Musrenbangdes dapat menjadi acuan dalam pembangunan Desa Banjarbillah.

“Kami berharap hasil dari Musrenbangdes ini benar-benar prioritas utama pembangunan sehingga menjadi acuan dalam pembangunan di Desa Banjarbillah,” singkatnya.

Sementara, ketua BPD Desa Banjarbillah, Moh. Fauzi mengapresiasi terhadap kinerja pemerintah Desa Dero yang sangat baik dan kompak. Ia berharap agar kinerja tersebut dapat terus ditingkatkan.

“Semoga apa yang kita bahas dan sepakati dalam Musrenbangdes ini dapat terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

Pada akhir kegiatan, peserta Musrenbangdes para peserta musyawarah menyepakati RKPDes 2024 dan DURKP 2025 untuk di tetapkan dan akan menjadi acuan dalam pelaksanaan pembangunan Desa Dero untuk tahun 2024 dan 2025. (FA)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait