Rombongan Wilayah IKN Kalimantan Timur Timba Ilmu ke Pemdes Sekapuk Terkait Tata Kelola Desa

  • Whatsapp
Kades Sekapuk Abdul Halim memaparkan tentang cara mengelola Desanya dihadapan rombongan dari wilayah IKN

GRESIK,beritalima.com- Wisata Setigi Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah kabupaten Gresik, kedatangan rombongan 130 peserta untuk studi banding terkait tata kelola Pemerintahan Desa.

Rombongan tersebut berasal dari dua kecamatan, yakni Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara dan rombongan Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara Propinsi Kalimantan Timur.

Perlu diketahui, Tenggarong Seberang merupakan sebuah kecamatan yang terletak di wilayah tengah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, yang akan berdiri Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kades Sekapuk, Abdul Halim menyambut langsung kedatangan rombongan yang ingin menimba ilmu sekaligus berkunjung ke wisata alam Setigi dan agrowisata Kebun Pak Inggih (KPI).

“Patut kita syukuri bersama, Desa Sekapuk menjadi rujukan diskusi membangun potensi desa dan sekaligus dianggap sukses dalam wujudkan pembangunan berkelanjutan sesuai program SDGs dengan bukti tidak sekedar capaian PADes saja, melainkan datangnya tamu dari berbagai daerah. Kebun Pak Inggih Agrowisata milik Desa dibangun saat pandemi adalah wisata kedua setelah SETIGI,” kata Abdul Halim, kepada wartawan. Kamis (17/11/2022).

Abdul Halim berharap kedatangan rombongan yang jauh dari tanah Kalimantan tersebut mendapat manfaat dan bisa bersinergi bangun bangsa lewat pemerintahan desa.

“Terima kasih sudah memilih desa kami untuk dijadikan mitra diskusi dalam memajukan serta meningkatkan PADes melalui BUMDesnya. Rombongan dari Agro KPI terus ke Wisata Setigi. Desa masa depan Indonesia,” imbuhnya Halim.

Untuk diketahui, kunjungan rombongan
Kecamatan Tenggarong Seberang membawa 18 Desa, yakni, Bangun Rejo, Buana Jaya, Bukit Pariaman, Bukit Raya, Embalut, Karang Tunggal, Kerta Buana, Loa Lepu, Loa Pari, Loa Raya, Loa Ulung, Manunggal Jaya, Mulawarman, Perjiwa, Separi, Suka Maju, Tanjung Batu,Teluk Dalam.

Sedangkan dari Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur terdapat beberapa perwakilan Desa yang ikut.

Rangkaian kegiatan mereka di Desa Sekapuk pertama, mengunjungi Kebun Pak Inggih (Agrowisata & Cottage Nusantara Resort) wisata kedua desa Sekapuk setelah Setigi.

Kemudian dilanjutkan audiensi di Wisata Setigi dengan Kepala Desa, perangkat dan staf, Bumdes, BPD diskusi bersama untuk mewujudkan seribu Desa Miliarder di Indonesia.

“Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat dan bertemu kembali. Stay safe and health. Matur nuwun, Dulur,” ucap Manajer Setigi H Umar Efendi yang diamini Manajer Agro KPI Sekar Dwi Cahyani.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait