RSUD Campurdarat Mulai Dibuka Secara Bertahap Untuk Pelayanan umum

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Pembangunan gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Campurdarat, kini memasuki tahap penyelesaian dan penyempurnaan sebelum di launching.

RSUD milik Pemkab ini berada, di Desa/Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, secara bertahap sudah bisa melakukan pelayanan.

Mulai hari Senin kemarin, sebagian sudah melakukan pelayanan sesuai dengan proses tahapan pembangunan Rumah Sakit Campurdarat.

Kepala RSUD Campurdarat Rio Ardona mengatakan bahwa, tempat yang sudah siap dan ready, secara bertahap akan di uji coba melakukan pelayanan.

“Jadi kita sudah bisa melakukan pelayanan mulai dari Instalasi Gawat Darurat (IGD) 24 jam. Kemudian ada rawat intensif, rawat inap, sarana penunjang baik itu laboratorium, laundry dan instalasi gizi,” katanya. Selasa, (29/11/2022).

Menurut Rio, nantinya, secara bertahap dalam waktu 1 atau 2 pekan, akan terus menambah pelayanan. Paling cepat 2 Minggu akan menambah pelayanan seperti poliklinik rawat jalan, rawat inap sama gawat gawat darurat yang sudah siap dibuka.

“Puncaknya di bulan Januari, semua proses tahapan pembangunan sudah selesai, jadi kita akan melakukan launching di bulan Januari 2023,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk gedung sarana yang sudah siap, tidak akan melakukan penundaan dan bisa langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Menambahkan, saat ini sudah ada 30 bad dan secara bertahap akan menambah kapasitas sesuai dengan jumlah kunjungan.

“Disesuaikan dengan sarana dan prasarana (Sarpras) yang sudah siap, sampai puncaknya di bulan Januari ada 93 bad,” tambah Rio.

Pihaknya juga mengungkapkan, untuk tenaga kesehatan (Nakes) yang dilibatkan, baik Nakes maupun non-Nakes total keseluruhan ada 179, guna memaksimalkan pelayanan yang ada.

Untuk pelayanan yang diterima RSUD Campurdarat, sementara masih umum dan masyarakat miskin, belum menerima pasien dengan BPJS. Sesuai dengan program pemerintah kabupaten Tulungagung, Jadi untuk masyarakat miskin kita bisa langsung melakukan pelayanan.

“Untuk BPJS, kemarin kita ada kesepakatan, karena BPJS juga memiliki standart pelayanan, insyaallah persyaratan juga akan kita penuhi dan masih ada sedikit kekurangan. Namun, per 1 Januari kita melayani pasien menggunakan BPJS,” ungkap Rio.

RSUD Campurdarat menyediakan beberapa poliklinik, diantaranya, poliklinik penyakit dalam, anak, bedah, kandungan, kulit, paru-paru dan bedah.

Untuk ruang bedah, RSUD Campurdarat mempunyai 2 ruangan yaitu, bedah umum dan ruang bedah. Untuk pelayanan ruang bedah, bulan Desember sudah siap digunakan.

Pihaknya juga menerangkan, untuk sementara pendaftarannya pasien RSUD di tahun 2022, masih tatap muka belum online, namun sistem sudah disiapkan dan Januari sudah bisa digunakan.

Nantinya, juga akan kerjasama dengan Puskesmas penyangga, sebelum dan sesudah launching, akan koordinasi dan bikin jejaring.

“Itu merupakan program kita dengan fasilitas kesehatan tingkat 1. Baik itu Puskesmas, Klinik maupun Dokter praktek mandiri, Bidan praktek mandiri maupun Perawat praktek sesuai dengan jenjang rujukan. Dari praktek mandiri naik ke faskes tingkat 1, baik ke klinik atau Puskesmas, nanti saat mereka tidak ke handel bisa langsung ke rumah sakit,” terangnya.

Lebih lanjut, paparnya, untuk pasien rujukan hari ini sudah langsung bisa melayani, tetapi untuk jejaring nanti ada programnya sendiri, akan disampaikan di bulan Januari 2023.

Dijelaskannya, alur pendaftaran di bulan Januari akan lebih mudah, bisa dengan online sesuai permintaan BPJS.

“Saat ini, kita masih menunggu bangunan selesai, karena untuk sistem dan server tersentral di tahap 3 pembangunan. Server belum bisa dipasang, sehingga untuk online juga belum bisa,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait