Tingkatkan Pelayanan di Masyarakat, Damkarla Gresik Gelar Training Diklat Pemadam 1

  • Whatsapp
Perwakilan Kemendagri, Edy Suharmanto, Sekda Gresik, Achmad Washil MR dan Kepala Dinas Damkarla Agustin H Sinaga saat akan membuka acara diklat 1 di BLK PT Petrokimia Gresik

GRESIK,beritalima.com-Kehadiran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarla) Kabupaten Gresik yang belum genap 1 tahun usianya, Namun sangat berdampak positif terhadap pelayanan masyarakat.

Dinas baru yang dipimpin oleh Agustin Halomoan Sinaga ini kerap mendapat apresiasi masyarakat karena mampu memberikan pertolongan, kala ada keluhan dan laporan dari masyarakat.

Misalnya terkait laporan kebakaran, evakuasi hewan liar dan kegiatan kemanusiaan yang lain.

Mengetahui fungsinya banyak dibutuhkan masyarakat, Kepala Damkarla, Agustin Halomoan Sinaga membuat terobosan dengan membuat Training Diklat Pemadam 1 kepada seluruh anggotanya di BLK, PT Petrokimia Gresik, pada, Selasa (29/11/2022).

Kegiatan Training Diklat Pemadam 1 ini berjalan sejak 27 November hingga 3 Desember 2022 dengan total 60 peserta dari petugas Dinas Damkarla Gresik dan dari peserta luar Kabupaten Gresik.

Rinciannya, 30 peserta dari Damkarla Gresik, 16 orang dari Kabupaten Jombang, 12 peserta dari Kabupaten Malang dan 2 peserta dari Kabupaten Tuban.

Dengan adanya diklat ini, Sinaga berharap, anggotanya dapat meningkatkan peran dan kemampuan dalam setiap misi tugasnya.

“Dari jumlah tersebut, 30 orang peserta berasal dari Kabupaten Gresik. Diharapkan kedepan lewat diklat ini bisa melahirkan individu-individu yang profesional dan penuh dedikasi dalam melaksanakan tugas, ” kata Kadisdamkarla Gresik Agustin Halomoan Sinaga

Dalam diklat tersebut, tampak hadir Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kementerian Dalam Negeri, Edy Suharmanto dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gresik, Achmad Washil Miftahul Rachman.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman usai acara mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut mengingat diklat ini akan memberikan pemahaman dan kemampuan bagi anggota Damkarla Kabupaten Gresik untuk pelayanan di masyarakat.

“Dalam usaha peningkatan pelayanan, selain dibutuhkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana, juga dibutuhkan sumber daya manusia yang handal agar bisa memberikan pelayanan yang cepat, tepat, mudah, dan memuaskan,” ujar Washil.

Kedepan kata Washil, pihaknya akan mengupayakan tambahan anggaran untuk Dinas Damkarla supaya semakin bermanfaat di masyarakat.

Washil juga memberikan apresiasi khusus kepada Kadisdamkarla Gresik Agustin Halomoan Sinaga. Apresiasi ini diberikan lantaran sejak Dinas Damkarla berdiri hingga hari ini, Kadis Sinaga bersama tim berhasil menyelesaikan semua keluhan masyarakat.

“Ini adalah salah satu bentuk nyata dari tugas pemerintah daerah. Tugas tersebut adalah memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Pemerintah wajib hadir ketika masyarakat membutuhkan, membantu masyarakat, atau paling tidak memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang dihadapi masyarakat,” terang Washil.

Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kementerian Dalam Negeri, Edy Suharmanto. Kehadirannya dalam diklat kali ini juga untuk memberikan materi terkait kebijakan Kemendagri dalam SOP urusan kebakaran dan penyelamatan.

“Diklat hari ini sangat berguna bagi pemerintah daerah dan teman-teman yang telah mengabdikan diri dalam Dinas Damkar. Yang pertama tentunya adalah mendapatkan ilmu pengetahuan dan skill sehingga menjadi individu yang profesional. Selain itu, bagi mereka yang lulus diklat juga akan sangat membantu dalam seleksi PPPK bagi pegawai honorer. Ini karena nilai sertifikat diklat ini sebesar 25%,” pungkas Edy.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait