RSUD Dr. H. Moh. Anwar Lakukan Operasi Kista Gratis, Bupati Sumenep Sambangi Pasien

  • Whatsapp

Sumenep, beritaLima – Keberhasilan Tim Dokter di RSUD dr. H. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep madura Jawa Timur mengangkat Kista Ovarium seberat 10 Kg dari kandungan seorang pasien asal desa Guwa – guwa Kecamatan Raas Kabupaten Sumenep pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2016 oleh Tim Dokter RSUD dr. H. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat S:umenep.

Tim Dokter yang terdiri dari Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan, Dokter Spesialis Bedah dan Dokter Spesialis Anastesi, dipimpin oleh Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan yaitu dr. Wongso Suhendro,Sp.OG

Keberhasilan yang dilakukan oleh Rumah Sakit Pemerintah Kabupaten Sumenep ini menjadi perhatian bupati Busyro Karim.

Terbukti, Bupati Sumenep A Busyro Karim menyalurkan bantuan kepada pasien asal Kepulauan yang mengidap salah satu penyakit tumor ganas tersebut pada Jum’at, (29/07).

Pasien dari keluarga miskin itu mendapatkan layanan operasi gratis di RSUD. Dr. H Moh. Anwar Sumenep.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sumenep didampingi Direktur RSUD Dr. H. Moh Anwar, dr Fitril Akbar bersama dokter spesialis yang disediakan rumah sakit untuk melakukan penanganan medis terhadap warga tidak mampu.

Menurut Busyro, pasien itu merupakan warga miskin yang sudah tua dan beranak tujuh. Beberapa bulan yang lalu perutnya membesar, disangka hamil. Ternyata setelah didiagnosa oleh rumah sakit, tidak ada bayinya tapi penyakit tumor.

“Jadi diatasi dengan gratis di RSUD Dr H Moh Anwar menggunakan Surat Pernyataan Miskin (SPM),” terangnya.

Busyro bercerita bahwa pasien itu pada awalnya tidak memberitahukan kepada anaknya perihal penyakit yang diderita. Dengan alasan sudah tua, sehingga malu dianggap hamil lagi. Sehingga dari sejumlah aktivis sosial, ada laporan terkait pasien itu kepada Pemkab Sumenep.

“Awalnya pasien di Puskesmas Raas, kami punya banyak jaringan yang bekerja sosial di kepulauan. Sehingga semuanya kami atasi,” imbuhnya.

Sementara itu, menurut keterangan Direktur RSUD Dr H Moh Anwar Sumenep dr Fitril Akbar melalui dr Wongso Suhendro, dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan mengatakan bahwa pasien tumor ganas itu ditangani sendiri oleh dokter spesialis yang dimiliki rumah sakit.

“Kami tangani operasinya dengan lancar, tidak usah dirujuk ke Surabaya. Awalnya kami lakukan pemeriksaan dengan lengkap lalu kami putuskan untuk operasi di RSUD Sumenep. Dengan kolaborasi dari berbagai dokter spesialis yang lain. Kami minta back up dari dokter bedah dan dokter anastesi.

Wongso menjelaskan bahwa penyakit tumor dari pasien miskin itu sudah sekira 10 bulan. Penyakit itu baru diketahui setelah sepuluh bulan lamanya pasien menunggu kelahiran. Tapi ternyata setelah diperiksa mengandung penyakit kista ovarium.

“Setelah 10 bulan pasien itu dibawa ke RSUD Sumenep. Kami lakukan pemeriksaan ternyata tumor yang berada pada saluran indung telur. Kemudian pada hari Kamis pukul 8 Wib dioperasi dan berjalan lancar. Tumornya ketika ditimbang 11 kg, tumor paling besar yang kami tangani di Sumenep,” urainya.

Wongso juga mengatakan bahwa penyakit Kista Ovarium penyebabnya karena kanker, akibat pola hidup yang kurang ditunjang faktor nutrisi. Kesehatan dari organ reproduksinya kurang diperhatikan. “Dia tidak menyadari benjolan yang tumbuh di tubuhnya. Tidak haid dikira mendekati menopause,” tandasnya.

(***/ An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *