Safari Pendidikan Ramadan, Bupati Salwa Wisuda Ratusan Hafidz

  • Whatsapp
Bupati Bondowoso Salwa Arifin saat melakukan wisuda hafizh cilik. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Bupati Salwa Arifin sudah dua hari ini mewisuda ratusan penghafal Al Qur’an. Kegiatan itu dilakukan di setiap kegiatan safari pendidikan, ke sekolah-sekolah.

Di hari pertama saja, Bupati Salwa memwisuda hampir ratusan pelajar dari jenjang TK, SD, hingga SMP.

Pada lawatan safari pendidikan hari ke dua, orang nomer satu di Bondowoso ini, memwisuda sekitar 48 pelajar setingkat SMP, dan sekitar 200 pelajar setingkat TK dan SD. Mereka menghafal Al Qur’an jus 30.

Semuanya tak hanya dari satu sekolah saja, melainkan dari berbagai sekolah yang dikumpulkan menjadi satu sesuai sub rayon wilayah. Untuk hari ke dua sendiri, safari pendidikan dilakukan di SD Negeri Curahpoh, dan SMP Negeri 2 Bondowoso.

Jumlah siswa siswi yang akan diwisuda sebagai penghafal Al Quran ini diperkirakan masih akan bertambah. Mengingat kegiatan safari pendidikan akan terus dilakukan selama beberapa pekan ke depan..

Kepala Dinas Pendidikan Bondowoso, Sugiono Eksantoso, mengatakan, lahirnya ratusan penghafal Al Quran ini sebagai realisasi dari pelaksanaan literasi mengaji Al Quran (Tajin Karah) besutannya.

Setiap sekolah telah menerapkan kelas tahfidz dan ektrakurikuler tahfidz yang pelaksanaannya rutin dilakukan setiap sebelum pelajaran.

“Ini kan tiap hari anak-anak saya suruh ngaji sebelum pembelajaran dimulai,” ujarnya usai safari pendidikan di SMP Negeri 2 Bondowoso yang dilakukan di Graha NU, Kamis (30/3/2023).

Ia menyebutkan para tahfidz ini mendapatkan sertifikat yang nantinya bisa digunakan untuk mendaftar sekolah ke jenjang lebih tinggi. Bahkan, mereka yang memiliki sertifikat ini akan mendapatkan nilai lebih.

Disinggung tentang tujuan kegiatan, kata Sugiono, tentu tak hanya untuk merealisasikan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati untuk membentuk generasi yang akhlaqul karimah. Namun, sekaligus untuk perubahan karakter dan peningkatan iman serta taqwa.

Sementara itu, Bupati Salwa Arifin mengapresiasi makin banyaknya generasi cinta Al Quran. Ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi pelajar lain.

“Ini diharapkan jadi motivasi bagi pelajar lain,” pungkasnya.(*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait