Safari Ramadhan, Bupati Salwa Serap Aspirasi Masyarakat

  • Whatsapp
Bupati Bondowoso Salwa Arifin melaksanakan Safari ramadhan di Masjid Desa Paguan taman krocok. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Dalam mengejar capaian Herd Immunity (kekebalan kelompok) di Kota Tape, Bupati Bondowoso, Drs. Salwa Arifin mengajak masyarakat sadar akan pentingnya vaksinasi.

Hal tersebut disampaikan saat safari ramadan di Masjid Baitul Amin, Desa Paguan, Kecamatan Taman Krocok, Senin (11/4/2022) malam.

“Ayo tingkatkan vaksinasi,”ujarnya saat dikonfirmasi sejumlah awak media.

Bupati Salwa mengaku salut dengan pihak yang selalu mempunyai ide kreatif dalam mengejar target capaian vaksinasi di bulan ramadan, seperti membuka gerai vaksinasi di halaman masjid Baitul Amin Paguan.

“Alhamdulillah untuk malam ini antusias masyarakat luar biasa, banyak juga dari masyarakat yang selesai melaksanakan salat tarawih ikut daftar untuk Vaksin ketiga atau booster,” jelasnya.

Mekanisme proses vaksinasi, kata Bupati Salwa, sama dengan di tempat lain yaitu peserta vaksin melakukan pendaftaran dengan menunjukkan KTP atau Kartu Vaksin yang sudah terdaftar.

“Peserta vaksin diperiksa terlebih dahulu kesehatannya, setelah itu peserta vaksin melakukan vaksin,”ucapnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Bagian Kesejahteraan Pemkab Bondowoso, Abdul Mufid, menambahkan, dalam safari ramadan Pemerintah Kabupaten Bondowoso memberikan bantuan 20 juta untuk kemakmuran masjid.

Besaran bantuannya sendiri menyesuaikan dengan kebutuhan masjid, dan kemampuan APBD.

“Untuk proses pencairannya sama seperti yang lain,  ini kan hibah yang diserahkan ke lembaga keagamaan,”katanya.

Ketua Tanfidziyah MWC (Majelis Wakil Cabang) Nahdlatul Ulama (NU) Jambesari Darus Sholah itu menyebutkan, dalam memberikan bantuan pada masjid besarannya tidak sama.

“Ya menyesuaikan kebutuhan masjid. Terlebih ada beberapa kegiatan yang terdampak refocusing,”ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Paguan, Edi menyampaikan, untuk menarik masyarakat bervaksin, pihaknya memberikan doorprize (hadiah) langsung pada para peserta vaksin.

“Kita beri hadiah langsung. Hadiahnya sederhana, ada deterjen, ada juga sabun mandi, tapi antusias masyarakat luar biasa,” urainya.

Untuk capaian vaksinasi sendiri, Edi menyebutkan, dari 2.111 jumlah penduduk di desanya, mayoritas telah melakukan vaksinasi tahap satu dan dua.

“Alhamdulillah, capaian vaksinasi disini (Paguan) sudah mencapai 80 persen. Kita masih terus berupaya untuk mencapai 100 persen,”tutupnya. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait