Saking Bangganya, Irwan Berharap Sholihan Jadi Kyai Besar

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) ke 5 yang digelar PKS sudah menemukan pemenangnya. Rabu, 8 Desember 2021 Sholihan, santri asal Bawean terpilih menjadi pemenangnya mengalahkan 22 santri dari provinsi lainnya.

Sholihan mengikuti final LBKK mewakili Provinsi Jawa Timur karena menjadi nomor wahid dalam semi final yang digelar DPW PKS Jawa Timur. Ia mengalahkan 417 peserta lain yang mengikuti lomba dari Jawa Timur.

Sholihan mengaku tidak pernah membayangkan menjadi pemenang LBKK. Ia bahkan mengaku pesimis dalam perlombaan membaca kitab Fatchul Muin, kitab fiqh yang jadi rujukan hampir semua pesantren di Jawa Timur ini.

“Saya tidak pernah membayangkan menjadi juara nasional. Awalnya saya pesimis, tapi semua panitia di PKS Jatim ini berharap saya menang. Alhamdulillah,” ujar pria kelahiran tahun 2000 ini.

Dalam perlombaan membaca kitab kuning ini, Sholihan tidak main-main. Ia mempersiapkan dengan sangat matang. Dalam 40 hari, ia mengaku tidak lepas dari Kitab Fatchul Muin.

“Selama 40 hari saya tidak pernah memegang kitab lain selain Fatchul Muin. Oleh karenanya, saya sudah separuh hafal kitab ini,” kata pria yang pernah belajar di Ponpes Al Hidayah Kediri ini.

Sholihan membuktikan perkataannya. Dalam lomba, ia menjelaskan dengan sangat lancar dan lugas. Semua juri memujinya.

KH Muslih Abdul Karim bahkan berharap Sholihan akan jadi kiai besar.

“Insyaa Allah jadi kiai besar di Jawa Timur,” ujar Kiai Muslih.

KH Ali Akhmadi, memujinya setelah menjawab pertanyaan dengan tepat dengan singkat. “Cakep!” kata Kiai Ali.

Sementara dewan juri lain KH Syuhada Syarkoun yang terus memberi pertanyaan tampak mendapatkan jawaban yang diharapkan.

“Kamu itu sudah lengkap paketnya, pertanyaan saya ini agar menambah nilai saja,” kata Kiai Syuhada.

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan yang terus mendampingi dalam Final LBKK ini berharap agar kemenangan Sholihan menjadi penambah semangat untuk para santri yang ada di Jawa Timur dan Indonesia.

“Kami berharap Mas Sholihan ini menjadi ulama besar ke depannya,” ujar Irwan.

Irwan mengaku yakin dengan Sholihan sejak Sholihan tampil di Semi Final LBKK yang digelar DPW PKS Jatim. Irwan bahkan secara spesial meminta doa agar Jawa Timur bisa menjadi juara LBKK di tingkat nasional kepada seluruh pengurus,

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan yang terus mendampingi dalam Final LBKK ini berharap agar kemenangan Sholihan menjadi penambah semangat untuk para santri yang ada di Jawa Timur dan Indonesia.

“Kami berharap Mas Sholihan ini menjadi ulama besar ke depannya,” ujar Irwan.

Irwan mengaku yakin dengan Sholihan sejak Sholihan tampil di Semi Final LBKK yang digelar DPW PKS Jatim. Irwan bahkan secara spesial meminta doa agar Jawa Timur bisa menjadi juara LBKK di tingkat nasional kepada seluruh pengurus, anggota PKS seluruh Jawa Timur.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait