Sambut Dubes Slowakia, Wagub Emil Sebut Kemiripan Kedua Wilayah

  • Whatsapp
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak Memberikan Cindra Mata kepada Dubes Slovakia Mr. Jaroslav Chlebo di Gedungh Grahadi

SURABAYA, beritalima.com | Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyambut hangat Duta Besar Slowakia untuk Indonesia, Jaroslav Chlebo beserta istri berkunjung di Jawa Timur. Sambutan hangat itu diberikan Wagub Emil Dardak kepada Jaroslav Chlebo saat berkunjung di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (30/7) siang.
Pria yang kerap disapa dengan Emil Dardak itu menyebutkan bahwa kedua wilayah, antara Jawa Timur dan Slowakia memiliki kemiripan. Khususnya soal sentra industri yang tengah fokus pada revolusi industri 4.0.
“Jika Jatim sebagai salah satu sentra industri di Indonesia, maka Slowakia menjadi sentra industri di kawasan Eropa,” ungkapnya.

Hal-hal yang menjadi perhatian kedua pemerintah diantaranya tentang kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi dalam revolusi industri. Selain itu, persoalan upah tenaga kerja juga menjadi fokus pembicaraan. Kedua pemerintah tengah fokus dalam upaya menyejahterakan buruh sekaligus membangun daya saing usaha yang kompetitif.

“Hal-hal inilah yang diharapkan bisa bersama-sama melakukan tukar pikiran untuk mencari solusinya,” jelas pria yang pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek itu.
Melalui kemiripan tersebut, Wagub Emil berharap kerjasama antara Slowakia dan Jatim dapat terus dikembangkan. Ia menambahkan, membangun persahabatan dengan Slowakia merupakan pintu masuk yang bagus bagi Jatim ke Eropa.
“Semuanya akan dibangun secara bertahap mengingat kerjasama dengan Slowakia bisa menjadi jalan untuk kerjasama ke negara-negara lain,” terang Emil Dardak.

Selain bidang perindustrian, Slowakia juga tengah fokus dalam pengembangan bidang Informasi dan Teknologi (IT). Yang menjadi fokusnya adalah Computer Engineering, utamanya dalam menghadapi revolusi industri 4.0
Wagub Emil menjelaskan, jika pihaknya akan berkomunikasi untuk melaksanakan pertemuan lanjutan dalam waktu dekat. Pertemuan itu diharapkan dapat membawa kabar baik bagi persahabatan kedua negara.

Senada dengan Wagub Emil, Dubes Jaroslav Chlebo juga memberikan sinyal positif terhadap pembukaan kerjasama di berbagai aspek. Pihaknya sangat terbuka untuk menjalin persahabatan dengan Pemerintah Prov. Jatim.
“Dimulai dari persahabatan, akan terjalin kerjasama yang lain,” ucapnya.

Pertemuan kali ini merupakan yang pertama bagi keduanya. Setelah sebelumnya menghadiri Ponorogo International Mask and Folklore Festival 2019 (PIMF Fest), Dubes Slowakia sengaja berkunjung ke Gedung Negara Grahadi untuk menyampaikan salamnya kepada Gubernur Jatim Khofifah Indah Parawansa.
“Setelah dari Ponorogo, Pak Dubes khusus datang ke Surabaya untuk menyampaikan salam dan silaturahmi kepada Ibu Gubernur,” tutur Wagub Emil. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *