Sambut Hari Jadi Kota Madiun ke-106, Pj Walikota Ziarah ke Para Adipati Pendahulu

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Sambut Hari Jadi
Kota Madiun ke-106, Pj Walikota, Eddy Supriyanto, bersama jajaran Forkopimda, melakukan ziarah makam para Adipati terdahulu, Rabu 19 Juni 2024.

Diantara ziarah ke makam Adipati Madiun, Ronggo Jumeno di Kelurahan Kuncen dan Makam Kuno di Taman.

Selain berdoa, prosesi ziarah juga melaksanakan adat potong tumpeng. Kemudian, dilanjutkan dengan menabur bunga di atas pusara.

‘’Hari jadi ini sebagai momentum mengenang jasa-jasa beliau. Karena tanpa beliau semua, kota kita tidak akan menjadi seperti saat ini,’’ tutur Eddy.

Di makam Kuncen, Pj Walikota melaksanakan prosesi tabur bunga di makam Ronggo Jumeno yang menjabat Bupati Madiun pertama (1568-1586). Kemudian, makam Mangkunegara I, Patih Wonoasri, dan para bupati Madiun lainnya.

Selanjutnya, di Makam Kuno Taman, rombongan zirah ke makam Raden Ronggo Prawirodirjo I atau Raden Ronggo Prawiro Sentiko yang menjadi Bupati Brang Wetan Gunung Lawu (1755-1784), Raden Ronggo Prawirodirjo II yang menjabat Bupati Madiun (1784-1797). Raden Ronggo Prawirodirjo II merupakan kakek dari Raden Ronggo Prawirodiningrat. Kemudian, makam Raden Bagoes Sentot Prawirodirdjo, panglima perang Pangeran Diponegoro.

Dalam kesempatan ini, sekaligus dibagikan sejumlah bantuan kepada warga. Diantaranya BLTD, bantuan anak stunting, hingga bantuan gerobak dari Baznas. (Kmf/editor: Dibyo).

Ket. Foto: Eddy Supriyanto (baju putih).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait