Sambut HKN, Dinkes KB Kota Madiun Gelar Seminar Menopause

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Menopause merupakan kejadian alamiah dalam siklus hidup perempuan. Tak perlu panik menghadapinya. Meski demikian, dibutuhkan pula persiapan yang matang sebelum fase itu tiba.

Untuk memberikan pemahaman kepada perempuan tentang menopause, Dinas Kesehatan dan KB Kota Madiun, Jawa Timur, menyelenggarakan seminar dengan materi tersebut. Narasumbernya pun tidak main-main. Yakni, Dr.dr. Brahmana Askandar, SpOG (K) dari RSUP Dr Soetomo Surabaya.

‘’Saya apresiasi pada Dinkes KB karena bisa melaksanakan giat seminar hari ini dengan narasumber yang luar biasa,’’ tutur Walikota Madiun, H. Sugeng Rismiyanto saat membuka acara yang terselenggara di Hotel Aston, Madiun, Rabu 31 Oktober 2018.

Pada kesempatan itu, Sugeng mengimbau para peserta yang hadir untuk menyerap ilmu tentang menopause dengan seksama. Apalagi, sudah disediakan narasumber yang kompeten di bidangnya. ‘’Saya mohon disimak. Kalau sudah, dipedomani dan dihayati,’’ imbuhnya.

Seminar bertajuk Tetap Sehat dan Produktif Saat Menopause ini diselenggarakan untuk menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh pada 12 November mendatang. Meski menopause bukan kata yang asing bagi masyarakat saat ini, namun perlu diberikan pemahaman agar masyarakat siap menghadapinya kelak.

Dalam kegiatan tersebut, Dinkes KB turut mengundang OPD di lingkungan Pemkot Madiun, anggota DPRD Kota Madiun, kader kesehatan, hingga ibu-ibu PKK Kota Madiun. Karenanya, Sugeng mengimbau agar ilmu yang didapat kali ini tidak disimpan sendiri. ‘’Setelah dari sini, harap ilmunya disampaikan kepada masyarakat di sekitar bapak ibu sekalian,’’ ujarnya.

Lebih lanjut, Sugeng juga menyinggung kembali terkait prestasi yang diraih Pemkot Madiun melalui Dinkes KB. Yakni, penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan kategori Eka Pratama dari Kementerian Kesehatan. Penghargaan tersebut diberikan kepada daerah yang berhasil mengelola sanitasi dengan baik.

‘’Keberhasilan kesehatan Kota Madiun tak hanya dari Pemkot. Tapi, peran kita semua. Kita bisa karena kita bersama,’’ tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes KB Kota Madiun, dr Agung Sulistya Wardani, menjelaskan, seminar diikuti oleh 650 orang peserta. Kegiatan dilakukan selama satu hari. Selain penyampaian materi dari narasumber, juga disediakan sesi tanya-jawab.

‘’Harapannya, kegiatan ini dapat menambah wawasan masyarakat terkait menopause dan meningkatkan kualitas hidup bagi yang sudah mengalaminya,’’ tandasnya. (Diskominfo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *