Sambut Ramadhan 1444 H, Kelurahan Kepatihan Bersih Makam dan Doa Bersama

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Menjelang Bulan Suci Ramadhan Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Tulungagung, mengadakan kerja bakti dan gotong-royong membersihkan area makam wilayah setempat.

Kegiatan kerja bakti diikuti oleh Lurah Kepatihan, Perangkat Kelurahan, Babinsa, BKTM, Linmas, karang taruna Putra Patih dan warga masyarakat. Minggu, (19/3/2023).

Berbagai peralatan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan kerja bakti, seperti cangkul, sabit dan sapu.

Para warga merasa sangat terbantu dengan hadirnya personil dari berbagai perguruan pencak silat yang ada di Kelurahan Kepatihan. Mereka kompak dan semangat dalam melaksanakan kerja bakti tanpa harus disuruh atau diperintah.

Kepala Kelurahan Kepatihan Rio Hendrawan Nusantara, SE menyampaikan, bersih-bersih makam merupakan tradisi turun-temurun. Kegiatan rutin tahunan ini, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah yang sebentar lagi tiba.

“Tradisi ini, sudah biasa kami lakukan dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, salah satunya dengan melakukan gotong-royong membersihkan makam,” ucapnya.

Menurutnya, bersih bersih memang bisa dilakukan kapanpun dan tidak ada ketentuan yang mengatur kapan untuk bersihkan makam. Namun pada umumnya, jika menjelang Bulan Suci Ramadhan warga masyarakat bersama sama bersihkan makam sebagai bentuk penghormatan kepada nenek moyang atau keluarga yang telah mendahului.

Ditambahkan, tidak hanya membersihkan rumput lebat yang tumbuh diatas makam dan sisi makam, melainkan sebagai rasa hormat kita sebagai anak cucu atau keluarga yang sudah di alam kubur.

“Jadi selain membersihkan makam agar menjadi bersih asri dan enak dipandang, ini adalah kegiatan spiritual untuk mendoakan ahli kubur dan untuk menambah keimanan kita kepada Allah SWT,” tambah Rio.

Lanjut Rio, kegiatan gotong royong ini juga dilakukan sebagai ajang silaturahmi antar warga, sekaligus sosialisasi akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Ia pun, mengutarakan rasa bangganya kepada masyarakat Kelurahan Kepatihan yang guyub saling bahu membahu dalam kegiatan tersebut.

“Semoga dengan adanya kegiatan
seperti ini, kita bisa terus mempererat jalinan silaturahmi antar warga masyarakat Kelurahan Kepatihan dan lebih meningkatkan kebersihan lingkungan,” pungkas Rio. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait