Sandiaga Uno Kagum Atas Perubahan dan Keindahan Kota Madiun

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Kota Madiun, Jawa Timur, kembali mendapat kunjungan pejabat penting. Kali ini, giliran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, yang berkunjung, Rabu 27 Juli 2022.

Sandiaga sengaja datang setelah mendapat kabar tentang perubahan Kota Madiun dari putra mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan, yakni Azrul Ananda, yang merupakan sahabat karibnya.

Benar saja. Menparekraf mengaku sangat kagum dengan perubahan dan keindahan Kota Madiun.

‘’Saya sangat takjub dan terkagum ada Singapura di Kota Madiun. Ini bisa menjadi urban tourism yang sedang kita kembangkan,’’ kata Sandiaga.

Menurutnya, Kota Madiun tertatat rapi dan apik. Belum lagi pengembangan kawasan patung Singapura ke depan yang terkoneksi dengan kawasan musala Ka’bah melalui koridor bawah. Hal itu dinilainya akan menarik ke depan. Selain itu, Kota Madiun akan menjadi magnet wisatawan yang kuat apalagi jika disandingkan dengan produk-produk ekonomi kreatif.

‘’Semakin bisa dikembangkan. Disini sudah ada pecel, mungkin nanti bisa ditambah fashion dan dikolaborasikan dengan kriya,’’ imbuhnya.

Sandiaga juga melakukan city tour dengan mengendarai Madiun Bus on Tour (Mabour). Tidak hanya berkunjung ke kawasan Sumber Wangi, ia juga melihat progres wisata kuliner dalam kereta di Bogowonto, Lapak UMKM Bumi Semendung Kelurahan Klegen, dan Edupark Ngrowo Bening untuk mencicipi madu. City tour ditutup dengan makan di Pecel 99, di Jalan Cokroaminoto.

‘‘Madiun ini bisa menjadi magnet terhadap beberapa komunitas untuk menggelar MICE (Meeting Incentive Convention Exhibition),’’ tegasnya.

Bahkan, ia langsung mengusulkan Kota Madiun untuk menjadi tuan rumah salah satu event nasional. Menparekraf menyilahkan Kota Madiun untuk mengusulkan event berskala nasional dan akan dimasukkan dalam kalender event nasional. Bahkan, tidak menutup kemungkinan untuk dikembangkan menjadi event skala internasional.

‘’Saya titip dua hal kepada pak wali. Yang pertama event. Kita harus punya event nasional di sini. Mungkin bisa dikembangkan ke skala internasional dan tahunan. Kedua terkait konsep kota kreatif. The Warrior City,’’ ungkapnya.

Walikota Madiun, H. Maidi, mengaku bakal segera menindaklanjuti arahan Menparekraf. Bahkan, adanya kesempatan itu membuat walikota semakin bersemangat. Maidi juga menyampaikan terima kasih atas kunjungan ke Kota Madiun.

‘’Terima kasih, dan tentu saja ini menjadi semangat kami untuk lebih baik lagi ke depan,’’ tuturnya (Kmf/editor Dibyo).

H. Maidi (kiri), Sandiaga Uno (kanan) bawah.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait