Sapa ASN Provinsi Jatim Se-Bakorwil II Bojonegoro, Gubernur Khofifah ‘Recharge’ Motivasi ASN untuk Tingkatkan Kinerja dan Produktivitas Demi Layani Masyarakat

  • Whatsapp

BOJONEGORO, Beritalima.com|
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyapa Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Jawa Timur se-wilayah kerja Bakorwil II Bojonegoro di Gedung Serbaguna Bojonegoro, Senin (20/11/2023) malam

Khofifah mengatakan, kegiatan Sapa ASN ini untuk memberi suplemen motivasi sekaligus apresiasi bagi para ASN Provinsi Jawa Timur untuk lebih meningkatkan kinerja, produktifitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Pada kesempatan hari ini saya ingin menyapa dan menyampaikan terima kasih serta apresiasi kepada seluruh ASN Pemprov Jatim di wilayah kerja Bakorwil II Bojonegoro yang berdedikasi dalam semangat pengabdian mendukung capaian kinerja Jatim selama 5 tahun,” kata Khofifah.

Khofifah memotivasi ASN melalui hasil survei KEMENPAN-RB terkait alasan mengapa memilih menjadi ASN. Dari survei tersebut jawaban tertinggi sebanyak 84,3% adalah ingin berkontribusi terhadap negara dan memperbaiki pelayanan masyarakat. Artinya, ASN mempunyai tekad bahwa perbaikan pelayanan masyarakat ada di tangan panjenengan semua.

“Saya ingin memanggil memori kita semua bahwa inilah niat awal yang kemudian dalam perjalanan ada lika liku, ada dinamika dan seterusnya tapi mari kita kembalikan niat awal adalah ingin memberikan layanan terbaik bagi masyarakat,” ajak Khofifah.

Tekad untuk bisa memperbaiki layanan masyarakat, terkadang mengalami siklus naik dan turun. Penyebabnya bervariasi. Ada dinamika kontraksi tertentu terhadap pimpinan atau terhadap lingkungan kemudian merasa ada penurunan produktivitas.

“Ayo sekarang bersama-sama kita sama-sama me-recharge semangat diri. Kalau ulama ahlussunnah menyebut, iman itu bertambah dan berkurang. Kalau jarang disirami tidak hanya berkurang bisa kering bahkan kemudian tidak ada semangat,” ungkapnya.

Sejauh ini Khofifah menilai kerja keras dan kerja ikhlas ASN tidak sekadar melayani, melainkan turut menyumbangkan ide-ide atau inovasi dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sehingga, pelayanan berjalan optimal dan Jatim menorehkan berbagai prestasi dan penghargaan.

“Karena ada layanan yang prima serta inovasi yang panjenengan lakukan termasuk inovasi dari Bapenda, ESDM, layanan perpustakaan dan layanan DP3AK. Semua ini kerja keras panjenengan semua,” ucapnya.

Capaian-capaian kinerja dan inovasi yang telah dirajut selama kurang lebih 5 tahun dibuktikan melalui kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Jatim, stakeholder dan masyarakat Jatim.

Menurutnya, kontribusi Jatim terhadap pembangunan nasional dan sejumlah prestasi maupun kemajuan berhasil diperoleh dengan baik.

Industri manufaktur yang tumbuh signifikan juga diikuti dengan pertumbuhan ekonomi dan nilai investasi yang baik dari Jatim. Termasuk bidang pendidikan mencatatkan prestasi gemilang diantaranya sebagai provinsi dengan siswa terbanyak diterima di Perguruan Tinggi Negeri tanpa tes selama empat tahun berturut, 3 kali berturut turut menjadi juara umum Olimpiade Sains Nasional, serta juara umum Olimpiade Penelitian Siswa.

Di sektor pertanian, Jawa Timur juga menjadi provinsi lumbung pangan nasional dengan produktivitas padi tertinggi selama empat tahun berturut turut dan provinsi dengan jumlah populasi sapi tertinggi di Indonesia. Kemudian desa mandiri di Jatim juga menempati posisi tertinggi diantara provinsi lain di Indonesia yaitu 2800 desa mandiri setara dengan 24,4 persen dari desa mandiri di Indonesia.

Keberhasilan dan capaian prestasi di berbagai sektor merupakan buah dari sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder serta berbagai inovasi yang terus diciptakan.

“Semuanya adalah prestasi kita semua. Tidak ada sukses secara perseorangan, tidak ada sukses secara sektoral, sukses karena sinergi vertikal horizontal, karena kita sinergi dan kolaborasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Gubernur perempuan pertama di Jatim ini juga menyampaikan pentingnya meningkatkan produktivitas dan profesionalitas kerja. Sebab, capaian-capaian pembangunan di Jawa Timur mustahil diperoleh ketika semua ASN tidak bekerja secara profesional dan memiliki produktivitas yang tinggi.

“Tolong dijaga dan terus ditumbuhkembangkan serta terus ditingkatkan,” tegasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto mengatakan, capaian dan kinerja Gubernur Khofifah beberapa tahun ini sangat luar biasa. Artinya apa yang sudah dilakukan bukan kerja biasa melainkan kerja luar biasa. Demikian pula dengan ASN tidak bisa bekerja biasa, melainkan harus bisa bekerja luar biasa.

“Jadi, kehadiran beliau harapannya seluruh ASN menyerap ilmu visi dan misi selama beberapa tahun yang ada resepnya. Mohon dibagikan ilmu pengetahuan kepada ASN,” paparnya.

Hal senada disampaikan Kepala Bakorwil Bojonegoro Agung Subagyo menambahkan berbagai langkah strategis dilakukan untuk meningkatkan skill ASN melalui program bernama Inisiatif Kolaboratif dan Inisiatif (IKI) dengan membangun kerjasama antar daerah yang dirajut dengan 11 kabupaten.

“Malam ini kami berterima kasih sapa ASN Bakorwil II Bojonegoro dihadiri gubernur Khofifah dan ASN sangat menunggu arahan ibu. Semoga kesempatan ini menjadi spirit untuk bekal ASN Bakorwil Bojonegoro ke depan,” tukasnya.

Adapun pada kesempatan tersebut Gubernur Khofifah turut menyerahkan penghargaan berupa piagam kepada 12 ASN berdedikasi dan ASN kategori Pejuang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam pencairan tunggakan Pajak Kendaraan bermotor serta Guru berprestasi yang sukses mengantarkan siswa siswinya meraih prestasi.

Setelah itu, dilakukan penyerahan zakat produktif kepada 50 pelaku usaha ultra mikro oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berupa uang Rp 500.000 dari Badan Amil Zakat (Baznas) Provinsi Jatim.

Turut hadir Sekdaprov Jatim Adhy Karyono, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto, Kepala Bakorwil Bojonegoro Agung Subagyo, Kepala OPD Provinsi Jatim, Kepala Sekolah MKKS se Bakorwil Bojonegoro dan perwakilan Bank BUMD.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait