Sarasehan Bersama Dewan Pendidikan, Bupati Gresik Ajak Perangi Narkoba Melalui Edukasi

  • Whatsapp
Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) sambutan diacara sarasehan diadakan Dewan Pendidikan Kabupaten Gresik pada, Selasa (06/11/2022)

GRESIK,beritalima.com- Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani atau yang biasa disapa Gus Yani menghadiri acara sarasehan diadakan Dewan Pendidikan Kabupaten Gresik pada, Selasa (06/11/2022).

Dalam pertemuan itu, Gus Yani, didapuk sebagai Keynote Speeker dengan membahas pencegahan penyalahgunaan narkoba di lngkungan pendidikan.

Sarasehan itu diikuti lembaga-lembaga pendidikan di Gresik seperti LP Ma’arif NU, Dikdasmen Muhammadiyah, Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik serta sejumlah tenaga pendidik.

Tujuannya adalah menyatukan persepsi dan bergerak bersama dalam upaya antisipasi penyalahgunaan narkoba.

Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani dalam diskusi tersebut memaparkan, bahwa maraknya peredaran narkoba dikalangan remaja dipengaruhi sejumlah hal. Salah satu diantaranya adalah faktor lingkungan dan pergaulan.

“Di era modern saat ini kita dihadapkan pada situasi ancaman serius yaitu peredaran gelap narkoba yang dapat merusak generasi bangsa. Masa depan generasi kita terancam akibat penyalahgunaan narkoba. Mirisnya lagi, kasus narkoba yang terjadi didominasi oleh kalangan remaja,” jelasnya.

Menurutnya, ini adalah bagian dari upaya merusak generasi penerus bangsa yang seharusnya menjadi tumpuan bangsa Indonesia dimasa yang akan datang.

Disatu sisi, pada tahun 2045 mendatang Indonesia akan menghadapi demographic dividend atau bonus demografi. Yakni suatu kondisi dimana populasi masyarakat akan didominasi oleh individu-individu dengan usia produktif.

Usia produktif yang dimaksud adalah rentang usia 15 hingga 64 tahun. Titik ini menjadi peluang besar bagi sebuah negara untuk meningkatkan performa ekonomi industri.

“Jika kita tidak memiliki tekad untuk memberantas narkoba, maka bersiap saja dimasa mendatang kita tidak bisa memanfaatkan demographic dividend dan menjadi tertinggal,” katanya.

Maka dari itu, perlu adanya kolaborasi dari seluruh elemen bangsa. Termasuk dalam dunia pendidikan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan edukasi dan turun langsung ke sasaran. “Saya bersama BNN Kabupaten Gresik tak henti-hentinya turun ke sekolah-sekolah untuk memberikan edukasi dan menyuarakan bahaya narkoba.

Dengan adanya sarasehan ini, maka bertambah pula komponen pencegah penyalahgunaan narkoba. “Dibawah naungan Dewan Pendidikan Kabupaten Gresik mari bersama-sama membangun kolaborasi demi masa depan dan menyelamatkan generasi penerus bangsa,” ujar Gus Yani.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait