Seakan Pembangunan Tiada Henti, Desa Wilayah Investasi Terus Genjot Program Pavingsasi

  • Whatsapp

BANYUWANGI – Sejumlah desa diwilayah selatan Bumi Blambangan ini menggenjot program pavingisasi. Kegiatan infrastuktur ini digeber Pemerintah Desa (Pemdes) Pesanggaran, melalui Kelompok Masyarakat (Pokmas) Pesangaran Membangun.

kini Sejumlah desa ring satu PT Bumi Suksesindo (PT BSI) terus mengalami kemajuan. Pembangunan seakan tiada henti. Seperti yang bisa dilihat di Desa Pesanggaran, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Bacaan Lainnya

“Program pavingisasi ini kita lakukan di tiga titik,” ucap Ketua Pokmas Pesanggaran Membangun, Abdul Rohman, Sabtu (25/2/2023).

Lokasi proyek, lanjutnya, jalan Mushala Nur Muhammad, di Dusun Ringinagung. Sedang dua kegiatan lain, berada di Dusun Ringinsari. Penentuan titik pelaksanaan program dilakukan sesuai hasil musyawarah dan aspirasi masyarakat. Selanjutnya digodok oleh Pemdes Pesanggaran, guna dikerucutkan dengan pertimbangan tertentu.

“Pokmas menjadi pelaksana kegiatan,” ungkapnya.

Dijelaskan, pelibatan Pokmas dalam pengerjaan program pavingisasi merupakan wujud iktikad baik Pemdes Pesanggaran dalam mendorong peningkatan partisipasi aktif masyasrakat dalam pembangunan. Sekaligus menjadi upaya dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan ekonomi warga.

“Jadi, disini yang bekerja adalah masyarakat sekitar lokasi proyek, sehingga keberadaan program pavingisasi bukan hanya berdampak pada kemajuan pembangunan. Tapi juga mendatangkan penghasilan kepada masyarakat,” beber Rohman.

Yang tak kalah istimewa, program pavingisasi di Desa Pesanggaran ini sama sekali tidak menyedot anggaran desa sama sekali. Karena semua dialokasikan dari anggaran program Pengembangan dan Pemerdayaan Masyarakat (PPM) atau yang biasa disebut Corporate Social Responsibility (CSR), PT BSI.

Seperti diketahui 5 Desa di Kecamatan Pesanggaran, termasuk Desa Pesanggaran, telah mendapat bantuan anggaran program PPM dari anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk, masing-masing sebesar Rp500 juta.

Wilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur sendiri merupakan lokasi investasi PT BSI, selaku pemegang izin Usaha Pertambangan Operasi Prodüksi (IUP OP) Emas dan Mineral Pengikutnya, Nomor 188/547/KEP/429.011/2012.

Wilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, meliputi Desa Kandangan, Sarongan, Sumberagung, Sumbermulyo dan Pesanggaran.

Anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk tersebut telah dinyatakan sebagai Obyek Vital Nasional (Obvitnas) sesuai Kepmen ESDM Nomor 159.K/90/MEM/2020. Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri atau PMDN ini operasi prodüksi di Deşa Sumberagung, Kecamatan pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Sebagai pelaku investasi, PT BSI memang terus menancapkan komitmennya kepada masyarakat. Program PPM terus digelontorkan dengan 8 program utama.

Program tersebut yaitu program bidang pendidikan, kesehatan, tingkat pendapatan riil atau pekerjaan, kemandirian ekonomi, sosial budaya, lingkungan, pembentukan lembaga komunitas dan infrastruktur. (bi)

beritalima.com

Pos terkait