Sedekah Centelan, Berdayakan Belasan Janda di Sidoarjo

  • Whatsapp

SIDOARJO, Beritalima.com| Banyak cara dilakukan dalam memaknai Jumat yang penuh berkah. Salah satunya adalah dengan berbagi, seperti yang dilakukan oleh para Pejuang Sedekah Centelan Sidoarjo.

Winarti (47) warga Lebo Sidoarjo, koordinator pelaksana menjelaskan awal mula agenda Sedekah Centelan diadakan saat pandemi Covid-19.

“Saat pandemi kami buka warung gratis di GOR Sidoarjo setiap Jumat. Donasi kami centelkan di setiap dinding agar mempermudah orang untuk mengambil tanpa harus berkontak langsung. Dari situ kemudian tercetus nama Sedekah Centelan,” terang Winarti, Jumat (26/1/2024).

“Tujuan kami pertama pingin mengajak teman-teman untuk sedikit berbagi, kedua memanfaatkan sisa hidup kita selagi ada kesempatan untuk berbagi,” imbuhnya.

Setelah pandemi selesai, Winarti bersama timnya tetap berbagi di berbagai titik dengan inovasi yang berbeda. Seperti sedekah subuh, sarapan pagi, warung berkah dan berbagi yang dilaksanakan setelah turun salat Jumat di berbagai masjid Sidoarjo.

“Kami tidak membatasi siapapun untuk bersama bergerak. Kami juga tidak membatasi donasi apa yang akan diberikan, karena bagi kami sedikit yang dikumpulkan akan menjadi banyak. Donasi boleh berupa materi ataupun tenaga,” jelasnya.

Diterangkan, donasi berupa uang tersebut disalurkan kepada belasan janda untuk membuat masakan. Sehingga, para janda ini juga turut merasakan Jumat berkah.

“Ada 12 janda yang terlibat ikut membuat masakan yang akan kami bagikan. Ini bagian kepedulian kami untuk memberikan semangat dan penguatan kepada para janda,” terang Winarti.

Saat ini ada 9 titik desa dengan jumlah relawan total 78 orang dalam tim Pejuang Sedekah Centelan yang mempunyai area penyebaran di beberapa daerah di Sidoarjo. Antara lain daerah Sudimoro, Grogol, Medalem, Lebo, Urang Agung, Mbanar, Bluru, Sidodadi, dan Suko.

“Alhamdulillah kegiatan yang berjalan mulai sedekah subuh, sarapan pagi pada pukul 6.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB, terakhir pukul 12.30 WIB, setelah turun salat Jumat,” tuturnya.

Dengan berbagi 200 hingga 300 porsi di setiap titik, Winarti berharap semakin banyaknya orang turut bersedekah.

“Agar lebih banyak lagi orang yang mau bersedekah, karena semua apa yang kita tanam pasti akan kita panen. Dengan adanya Sedekah Centelan di berbagai masjid bisa juga menambah dan mengajak jemaah terutama kalangan anak-anak untuk beribadah,” tutupnya.(Yul)

beritalima.com

Pos terkait