Sejumlah Destinasi Wisata Rujukan Libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H di Trenggalek

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Menikmati masa Libur Hari Raya 1444 H Tahun 2023 ini tidak perlu pergi jauh ke negeri orang atau ke luar wilayah. Pasalnya, ada banyak tujuan wisata di dalam negeri yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, salah satunya Kabupaten Trenggalek di Jawa Timur (Jatim).

Beberapa destinasi wisata Trenggalek yang bisa menjadi rujukan wisatawan sesuai infografis dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Trenggalek yang wajib disinggahi diantaranya, Pantai Pasir Putih Karanggongso di Kecamatan Watulimo. Pantai ini pasirnya putih dengan ombaknya yang landai sehingga aman untuk mandi di laut. Selain itu, ada juga wahana permainan air yang bisa dimanfaatka oleh para wisatawan.

“Banyak sarana hiburan lain dengan harga tiket masuk yang tidak terlalu mahal, hanya 15 ribu rupiah,” sebut Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Trenggalek, Bambang Supriyadi saat dihubungi beritalima.com, Sabtu, 15 April 2023.

Kedua, sambung dia, Pantai Mutiara yang sebenarnya ada kemiripan dengan Pantai Pasir Putih Karanggongso. Pasirnya juga putih, ombaknya aman untuk mandi serta ada wahana air untuk bermain dan tiketnyapun murah. Hanya saja, untuk daya tampung lebih kecil jika dibandingkan dengan pantai pasir putih Karanggongso.

“Area masih lebih luas Pantai Karanggongso, termasuk lahan parkirnya,” imbuh dia.

Masih menurut Bambang, untuk wisata di Watulimo yang ketiga adalah Pantai Prigi dengan garis pantai sangat panjang dengan lokasi cukup luas. Fasilitas yang bisa dinikmati oleh wisatawan antara lain, taman eksotis indah untuk sekedar nongkrong dan bersantai serta berswa foto di spot ‘Prigi 360’. Serta beragam aneka kuliner budidaya laut.

“Namun, yang perlu diperhatikan oleh wisatawan jika di Pantai Prigi tidak disarankan atau bahkan dilarang untuk mandi karena ombaknya besar,” himbau Bambang.

Kemudian yang keempat, masih lanjut dia, adalah Guo Lowo. Yakni, salah satu gua terbesar di Asia Tenggara. Dari sisi visualisasi pun cukup menarik, guanya indah dan akses mudah dijangkau karena tidak terlalu jauh dari jalan raya.

“Destinasi ini cukup rekomended, terutama bagi penyuka wisata alam dan petualangan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Bambang, bagi wisatawan yang ingin bernostalgia dengan suasana desa ada pula ditawarkan obyek desa wisata. Yaitu, Desa Wisata Durensari, Kecamatan Watulimo dan Pandean di Kecamatan Dongko. Disini, para pengunjung disuguhi berbagai produk kepariwisataan yang berbasis sumber daya desa.

“Wisatawan yang ingin bernostalgia merasakan bagaimana indahnya kehidupan desa dan berbaur dengan masyarakat desa, nginep di rumah masyarakat desa dan bermain permainan tradisional desa kita persilahkan datanh di dua desa wisata tersebut,” jelas Bambang.

Dirinya juga menyebut, untuk lokasi wisata pantai pilihan lain yang tak kalah indah diantaranya ada di Kecamatan Panggul. Yaitu, Pantai Pelang yang berbatasan dengan Kabupaten Pacitan. Di sini para wisatawan bisa menikmati pula dinginnya mandi air terjun dengan pemandangan kolaboratif pantai dan gunung.

“Akan tetapi, untuk mandi di Pantai Pelang tidak dianjurkan sebab berbahaya,” pungkas Bambang. (her)

beritalima.com

Pos terkait