Sekda Kota Palembang  Hadiri Pembukaan Sosialisasi Penerapan KTP – EL Digital

  • Whatsapp
Sosialisasikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Digital menggantikan E-KTP kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Ruang Rapat Parameswara

PALEMBANG, beritalima.com|Pemerintah Kota Palembang mulai Sosialisasikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Digital menggantikan E-KTP kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Ruang Rapat Parameswara, Rabu 21 Sebtember 2022.

Melalui Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan, pengalihan E-KTP menjadi KTP digital akan dimulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemkot Palembang.

Bacaan Lainnya

“Secara bertahap kita terapkan bersama masyarakat, saat ini dimulai dari ASN yang ada di OPD (Organiasi Perangkat Daerah) Kota Palembang,’ kata Dewa usai mensosialisai KTP Digital.
Sebanyak 11 Ribu KTP Digital akan ditetapkan oleh ASN dan dilanjut para pegawai Non PSD dan PHL yang berkerja dilingkup Pemkot Palembang.

“Saya akan cek OPD mana saja yang melambat melaksanakan instruksi ini, contoh dinas A dinas B nanti saya ceklis, dan juga saya akan beri waktu selama satu bulan sampai satu bulan setengah, ‘ujarnya.

Dewa juga menyebutkan, keunggulan dari KTP digital ini berupa, efisiensi anggaran, tidak lagi membeli blanko dan tinta yang relatif cukup lama antriannya.

“Kalau ini cepat ketika sudah masuk KTP digital kita bisa menunjukkan barcode nya Saja”, tambahnya.

Jika ada masyrakat yang tidak memiliki android, dirinya mengakui, Pemkot telah melaporkan kepada Pemerintah Pusat. “Dan ini masih menjadi PR kami,’tungkasnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Palembang Dewi Isnaini mengatakan, syaratnya pertama KTP digital yakni, sudah memiliki E-KTP.

“Nanti mereka mendapat kode dari pusat maka, itulah yang akan menjadi barcode nya,’ katanya.

Tambahnya, jika masyarakat mengalami berubahan pada data diri, dengan KTP digital, Dukcapil lebih mudah untuk melakukan perubahan.

“Tidak perlu lagi membuat KTP yang baru cukup KTP yang ada di android jadi datanya tinggal diperbaiki saja, ujarnya.

Kendati demikian, saat disinggug kegunaan KTP lama apakah masih bisa digunakan.

la mengaku masih berlaku. Ya, tentu saat ini masih berlaku, pungkasnya.
( Ril/Nn)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait