Sekda Ratu Dewa: “Lurah Harus Peka Terhadap Kondisi lingkungan Masyarakat Sekitar”

  • Whatsapp

 

PALEMBANG, beritaLima. com – Tidak perlu menunggu waktu terlalu lama dalam menindak lanjuti suatu masalah dan hasil dari sebuah laporan, cukup memonitor dari media sosial secara langsung Sekertaris Daerah (Sekda) kota Palembang Ratu Dewa meninjau sekolah Dasar (SD) Negeri 48 yang setiap harinya terkendala dengan genangan air meskipun tidak diguyur hujan.

Tidak hanya itu, disaat musim penghujan kondisi sekolah tersebut sangat memperihatinkan dengan ketinggian air diatas lutut kaki orang dewasa.

Hal ini dibenarkan Ratu Dewa bahwa hasil pantauan saya bersama Dinas Pekerja Umum (PU) halaman sekolah dan lingkungannya tergenang air meskipun itu tidak hujan karena air dari perumahan sekitar bermuaranya kesekolah ini.

“Ya kejadian ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut karena hal ini sudah terlalu dirasakan mereka selama 10 tahun. Maka dari itu Dinas terkait sudah menelusuri akar masalahnya lantaran adanya penyumbatan gorong-gorong dari ulah masyarakat sekitar yang di tutupi band bekas.

Lanjutnya, saya langsung mengajak Dinas terkait untuk melakukan pembersihan dan penggalian pada hari agar air segerah mengalir,” jelasnya selasa (5/11).

Ia juga menargetkan SD tersebut harus kembali belajar dengan nyaman dan halamanya bisa digunakan kembali untuk upacara, selain itu juga saya merasa prihatin melihat kondisi kesehatannya yang tidak layak karena airnya terlalu dalam.

“Berdasarkan hasil laporan kepala sekolah SD setempat bahwa mereka telah 4 kali melakukan laporan untuk dibantu, namun pada hari ini Dinas PU secara langsung sudah menargetkan agar segera ditindak lanjuti dengan cepat.

Selain itu juga saya intruksikan kepada seluruh lurah yang ada agar sering-sering melakukan pemantauan daerah karena secara administrasi mereka adalah perpanjang tangan pemerintah untuk secara cepat melakukan perbaikan lingkungan masyarakat sekitar.

Tegasnya, hal ini tidak harus menunggu Pak Wali, Ibu Wakil Walikota dan Sekda turun untuk melakukan perbaikan cukup luruh setempat melakukan koordinasi kepada Dinas terkair mengenai masalah yang terjadi dilapangan,” jelasnya.

Sementara itu kepala Dinas Pekerja Umum Bastari membenarkan berdasarkan intruksi Pak Sekda tadi kita harus selesaikan dan perbaiki semua saluran air khususnya disepanjang jalan Abdul Rozak dan lingkungan jalan Urif Sumiharjo dimana pada tahun depan suduh kita anggarkan perbaikan tersebut secara bertahap.

“Terjadinya banjir ini juga lantaran dataran rendah serta penyumbatan saluran air dari ban bekas. Kita juga sudah melakukan pembangunan saluran air besar mulai dari sungai Teras sampai kumbang, untuk sisi kiri belum kita lakukan pengerjaan terkait anggarannya, namun sisi sebelah kanan baru kita lakukan,” tambahnya.

Ditembahkan Suryiati Kepala Sekolah SD Negeri 48 Palembang berharap agar Pemerintah bisa mengembalikan kembali kondisi sekolah ini seperti biasa.

“Alhamdulilah pada pagi ini Sekda kota Palembang secara langsung datang kesekolah ini untuk memberikan solusi dalam mengatasi masalah genangan air ini,” tutupnya.

( Nn )

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *