Semarak Peringatan Maulid Nabi di Gresik

  • Whatsapp

GRESIK, beritalima.com – Berbagai tradisi diperingatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H. Nah, di Kabupaten Gresik, dalam merayakan maulid kali ini, berbagai cara dilakukan masyarakat. Di lingkungan sekolah, peringatan maulid tersebut bergemah shalawat nabi diiringi lantunan ayat-ayat Alquran dan ceramah agama.

Sementara di wilayah Bawean, peringatan maulid kali ini dimeriah panjat pinang. Informasi diperoleh, panjat pinang ini dilaksanakan setiap peringatan maulid nabi. Selain itu beberapa kegiatan juga dilaksanakan, ada ceramah agama, lomba tingkat pelajar dan umum.

“Kami di Bawean kalau bulan maulid pasti banyak kegiatan di masyarakat. Ini bagian dalam mengenang kembali sejarah lahirnya Rasulullah sebagai orang yang wajib kita tauladani karena beliaulah yang mengangkat derajat manusia di muka bumi,” kata Lukman, warga Bawean, Kabupaten Gresik.

Perayaan maulid ini juga diselenggarakan di masjid-masjid. Tak hanya itu, cara lain sebagian umat muslim dalam merayakannya, ialah ziarah ke makam Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim.

“Intinya bagaimana kita harus selalu menauladani sifat-sifat Rasulullah,” timpal Agus (41), warga Kebomas.

Pantauan di lapangan, Senin (12/12/2016), masyarakat muslim merayakan peringatan maulid nabi secara serentak termasuk di Gresik. Mulai dari rumah-rumah warga, sekolahan, masjid-masjid, pesantren, instansi pemerintah, hingga lingkup RT dengan berbagai tradisi.

(Abd)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *