Semarak Ramadhan 1445 H, SMPN 1 Kedungwaru Laksanakan Program Pais Love

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Semarak Ramadhan 1445 H Tahun 2024, SMPN 1 Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, melaksanakan program “Pais Love” Ramadhan.

Hal itu disampaikan oleh, Kepala SMPN 1 Kedungwaru, Dr. Hj. Sri Wahyuni, M.Pd, usai khataman Qur’an dan bagi takjil kepada masyarakat sekitar sekolah dan warga yang sedang dalam perjalanan. Kamis, 28/3/2024) sore.

Menurutnya, pendidikan merupakan peran yang sangat penting dalam membangun dan mengembangkan potensi peserta didik sesuai dalam peraturan pemerintah nomor 55 tahun 2027 tentang pendidikan agama dan keagamaan menyatakan setiap satuan pendidikan di semua jenjang wajib menyelenggarakan pendidikan agama.

“Sejalan dengan hal ini, SMPN 1 Kedungwaru sinergi dengan Pais Love Ramadhan 1445 H yang merupakan program kantor wilayah Kementerian Agama provinsi Jawa Timur, kegiatan ini dilaksanakan selama bulan Ramadan,” ucap Sri Wahyuni.

Tujuan diadakan kegiatan ini, Lanjutnya, untuk membentuk kepribadian, penanaman nilai-nilai religi dan memberikan kesadaran bahwa pendidikan agama merupakan bagian dari setiap muslim.

Beberapa program Pais Love Ramadhan yang dilaksanakan di SMPN 1 Kedungwaru yakni, pertama, cinta puasa Ramadhan, program ini tujuannya bagaimana peserta didik diarahkan, didampingi dan dibimbing untuk melaksanakan puasa Ramadan sesuai syariat rukunnya.

“Kedua, cinta mengaji, di dalam program cinta mengaji ini peserta didik dalam kegiatan selama Ramadan didampingi dan dipantau untuk membaca Alquran dalam program Tahmil Qur’an. Tahmil Qur’an dilakukan setiap hari Sabtu selama Ramadhan ini peserta didik mengaji Alquran,” ungkapnya.

Kemudian, program cinta Pondok Ramadhan, yang mana setiap siswa wajib mengikuti kegiatan ini. Berbagai program dan materi-materi di dalam kegiatan pondok Ramadhan, nantinya akan diterima oleh siswa.

“Program Pondok Ramadhan dilaksanakan selama 6 hari, mulai tanggal 28 sampai 4 April tahun 2024, diikuti oleh semua siswa siswi SMP negeri 1 gedung waru yang muslim,” ujar Kepala Sekolah SMPN 1 Kedungwaru.

Selain itu, terang Sri Wahyuni, juga ada program cinta beramal dan shodaqoh, selama bulan Ramadhan siswa atau peserta didik diajarkan tentang peduli kepada yang membutuhkan.

“Sore ini, OSIS bersama dengan teman-teman perwakilan kelas membagikan takjil atau pembuka puasa kepada masyarakat sekitar SMPN 1 dan masyarakat yang sedang melakukan perjalanan,” terang KS.

“Puncak kegiatan selama Ramadhan, siswa-siswi mengumpulkan zakat fitrah dan akan dibagikan kepada yang berhak menerima,” jelasnya.

“Dengan kegiatan dan program di atas diharapkan dapat menyemarakkan syiar Islam di lingkungan sekolah dan masyarakat, di bulan suci Ramadhan ini siswa-siswi dapat meningkatkan keimanan, ketakwaan dan akhlak yang mulia,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait