Semarak Ruwah Dsn.Besuk, Ds.Curahmalag, Gelar Ngaji Serta Beri Santunan Anak Yatim

  • Whatsapp

JOMBANG,Beritalima.com- Sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, warga Dsn. Besuk, Ds.Curahmalang, Kec.Sumobito, Jombang, mengelar kegiatan tradisi ruwah dusun atau bersih dusun dengan hiburan wayang kulit dalang dari Mojokerto dengan lakon “Mudune Wahyu Sandang Pangan Bagong Maneges .pada Kamis (2/3)

Kegiatan yang berlangsung di Kali Bedesan, berlangsung dari pagi hingga malam tersebut di awali dengan Ngaji kemudian barikan serta memberi santunan dan bingkisan kepada puluhan anak yatim piatu yang ada di dusun Besuk.

Sumawi Mong Ketua panitia ruwah dusun Besuk tahun 2023. dalam sambutanya menyampaikan bahwa kegiatan ruwah dusun Besuk ini, selain sebagai rasa ucapan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa juga sebagai bentuk guyub rukum warga dusun Besuk ini.

“Selain sebagai melestarikan tradisi para leluhur, ruwah dusun ini juga sebagai mempererat silahturohmi dan kekompakan warga dusun Besuk” ucap Sumawi Mong.

Lebih lanjut, Sumawi Mong yang juga berprofesi sebagai MC (Master of Ceremony) mengatakan, bahwa persiapan kegiatan ruwat dusun Besuk ini sangat singkat. Kurang dari satu minggu, tapi alhamdulillah walau persiapan sangat singkat berkat kekompakan warga dusun Besuk, acara ini bisa terlaksana dengan sukses.

Dan dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga dusun Besuk yang telah berpartisipasi dengan menyisihkan rezekinya demi suksenya kegiatan ruwah dusun ini, dan anggaran yang terkumpul dari partisipasi warga dusun Besuk terkumpul sekitar Rp.25 juta.

“Dan harapan saya kegiatan ruwah dusun Besuk tahun depan lebih meriah lagi” tutupnya.

Sementara itu, Hj.Eny Sholihatin S.H, Kades Curahmalang, yang hadir dalam ruwah dusun Besuk malam itu, menyampaikan rasa bangganya terhadap warga dusun Besuk. Karena telah berhasil mengelar ruwah dusun dengan cukup meriah ini walau dadakan karena Sabtu rapat Kamis pelaksanaan kegiatan, ini luar biasa dan bertanda warga dusun Besuk guyup,rukun dan kompak.

” ini sangat luar biasa, kalau warganya tidak kompak tak akan mungkin kegiatan ruwah dusun Besuk ini bisa terlaksana. Dan insya allah kalo desa Curahmalang akan ada Syukuran Desa, monggo panjenengan semua hadir ngeh” ujar Kades Curahmalang.

Serta, dirinya berharap kegiatan ruwah dusun ini bisa dilaksanakan rutin tiap tahun, dan desa bakal memberi suppot terhadap kegiatan yang menguri-uri budaya lelulur. (Kar)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait