Sempat Ricuh, Oesman Sapta Terpilih Aklamasi Sebagai Ketua DPD RI

  • Whatsapp

Jakarta, beritalimacom— Secara aklamasi Oesman Sapta Odang terpilih sebagai Ketua DPD RI dalam rapat paripurna, kemenangan Oesman mendapat sambutan cukup meriah saat tiba di forum rapat paripurna DPD yang berlangsung sejak Senin (3/4/2017).

Meski sempat terjadi kericuhan dalam pemilihan tersebut sewaktu membacakan putusan, kemudian muncul interupsi dari sebagian anggota DPD. Sebab, DPD sudah memiliki tata tertib mengenai pergantian Ketua DPD. Namun, anggota DPD antara yang pro dan kontra saling berebut interupsi. Sontak kondisi tersebut membuat gaduh ruang sidang.

Bahkan, beberapa anggota DPD berebut ingin berbicara di atas podium hingga terjadi kontak fisik dan saling dorong. Beberapa anggota DPD juga sempat terjatuh. Namun pimpinan DPD tetap menetapkan Oesman Sapta Sebagai Ketua DPD RI terpilih.

“Menetapkan saudara Oesman Sapta sebagai ketua, saudara Nono Sampono sebagai wakil ketua 1 dan saudari Darmayanti Lubis sebagai wakil ketua 2,” kata pimpinan sementara DPD Rini Damayanti di ruang sidang Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/4/2017) dini hari.

Oesman menuturkan, ia dan dua pimpinan baru lainnya akan berupaya membawa DPD sesuai dengan hati nurani di daerah.

“Harapan saya semua pihak dapat memahami apa arti senator yang ditugaskan di pusat ini adalah untuk menjaga dan memperjuangkan kepentingan-kepentingan daerah,” tutur wakil ketua MPR RI itu.

Penetapan Oesman Sapta sebagai Ketua DPD berjalan amat singkat, tak lebih dari 1 jam 30 menit.

Tiba di ruang sidang paripurna sekitar pukul 00.45 WIB, politikus yang akrab disapa OSO itu sudah ditetapkan sebagai Ketua DPD terpilih pada pukul 02.00 WIB.

Ia bahkan terpilih menjadi satu-satunya perwakilan dari wilayah tengah.

Sedangkan untuk wilayah barat diajukan tiga nama dan wilayah timur dua nama.

“Saya dibangunkan tadi, diminta datang untuk ikut serta dalam pertandingan ini dan Alhamdulillah tadi dari (wilayah) tengah dengan aklamasi mencalonkan saya tunggal,” ucap Ketua Umum Partai Hanura itu.

“Saya dengan pimpinan DPD yang baru beserta seluruh anggota DPD yang hadir Insya Allah kami akan melaksanakan tugas murni ini dalam turut membangun bangsa,” kata dia.

Adapun pelantikan Oesman Sapta dan dua pimpinan baru DPD akan dilaksanakan Selasa siang dan pembacaan sumpah dipimpin oleh Mahkamah Agung (MA).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *