beritalima.com

Seni Literasi, Disdik Sumenep Gelar Lomba Menulis Cerita Rakyat Tingkat SD

  • Whatsapp
Penyerahan penghargaan berupa piala, sertifikat dan sejumlah uang pembinaan diserahkan secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep Drs. Carto,MM. didampingi sekretaris dinas dan Kabid pembinaan sekolah dasar dinas pendidikan kabupaten Sumenep

SUMENEP, beritalima.com|Apel pagi ini Selasa (11/ 02/ 2020) sekaligus penyerahan penghargaan bagi pemenang Lomba Menulis Cerita Rakyat Bagi Siswa/Siswi SD Negeri/Swasta se – Kabupaten Sumenep.

Penyerahan penghargaan berupa piala, sertifikat dan sejumlah uang pembinaan diserahkan secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep Drs. Carto,MM.

Penyerahan penghargaan berupa piala, sertifikat dan sejumlah uang pembinaan diserahkan secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep Drs. Carto,MM. didampingi sekretaris dinas dan Kabid pembinaan sekolah dasar dinas pendidikan kabupaten Sumenep

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep melalui Kepala bidang Pembinaan Sekolah Dasar H Abd. Kadir, MPd. menyampaikan, bahwa dengan seni Literasi melalui lomba menulis cerita rakyat diharapkan nantinya ada inovasi terbaru terkait hasil-hasil karya lomba penulisan cerita rakyat yang ada, termasuk cerita rakyat yang pernah dituliskan oleh penulis aslinya maupun sebuah formulasi baru dalam menulis cerita rakyat dengan versi berbeda, hingga cerita rakyat yang memang belum pernah dipublikasikan.

Menurut Kadir, Respon positif dan antusias dari peserta yang telah mengikuti lomba-lomba yang diadakan oleh dinas Pendidikan kabupaten Sumenep ini diharapkan juga mampu memberikan daya umpan yang positif.

“Tentu ini bisa menjadi daya dorong serta motivasi yang besar bagi anak didik kita, terhadap guru-guru memang harusnya dapat memberikan contoh teladan kepada anak didik kita agar mau mendalami cerita rakyat dan seni literasi yang lain.” tambah Abd. Kadir.

Jadi siswa-siswi SD dan MI dimotivasi senang membaca di antaranya tentang buku cerita daerah atau konten lokal,” jelas Kadir.

Selain itu imbuh Kadir, lomba ini juga menumbuhkembangkan kecintaan anak terhadap cerita tokoh-tokoh di daerahnya.

“Tujuannya juga mengembangkan kreativitas anak sekolah dasar dalam menginterpelasikan isi cerita melalui berbagai macam bacaan dan media,” paparnya.

Terlebih penting menanamkan kecintaan terhadap karya budaya bangsa dalam membangun kecerdasan dan inovasi anak di masyarakat.

Apabila kita dapat lebih memahami lagi isi dari cerita dengan lebih teliti dan juga seksama, maka kita pasti akan menemukan berbagai nilai moral dan pesan penting yang ingin disampaikan.

“Cerita atau dongeng juga dapat menjadi media penyampai pesan moral, sarana pembelajaran moral dan nilai kehidupan bagi siapa saja yang membacanya’ pungkas Kabid Dikdas dinas pendidikan Kabupaten Sumenep, H. Abd. Kadir, MPd.

Dibawah ini adalah pemenang lomba Menulis cerita rakyat tingkat Sekolah Dasar tahun 2020
Juara I SDN Kebunan I Kecamatan Kota
Juara II SDN Saronggi I Kecamatan Saronggi
Juara III SDN Panaongan I Kecamatan Pasongsongan
Juara Harapan I SDN Nyapar I Kecamatan Dasuk
Juara Harapan II SDN Pangarangan I Kecamatan Kota
Juara Harapan III SDN Gunung Kembar Kecamatan Manding.

(An)

beritalima.com beritalima.com

Pos terkait