Sepakat Mengembangkan Komoditi Organik, Sergai-Tebing Tinggi Tandatangani MoU

  • Whatsapp

SERDANG BEDAGAI-beritalima.com, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menjalin kerjasama dengan Pemko Tebing Tinggi dalam Pengembangan Komoditi Organik. Kesepakatan Bersama (MoU) Pengembangan Sektor Pertanian Kluster Padi Organik, Horti Organik, Perikanan, Peternakan dan Olahan Turunannya itu ditanda tangani Bupati Sergai Ir. H. Soekirman pada acara Pembukaan Tebing Tinggi Agri Market & Pameran Flora Fauna TAM-PFF ke-5 Tahun di Lapangan Sri Mersing Kota Tebing Tinggi, Sabtu (4/8) malam.

Acara juga dihadiri Direktur Bahan Kebutuhan Pokok dan Barang Kementrian Perdagangan Ninuk Rahayuningrum, Direktur Lembaga Sertifikasi Organik Seloliman (LeSOS) Mojokerto Suroso, Kadis Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provsu M. Azhar Harahap selaku mewakili Pj. Gubsu, Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM beserta Forkopimda, perwakilan BI Wilayah Sumut, Kadis Kominfo Sergai H. Ikhsan, AP, Kadis Ketahanan Pangan Ir. Aliuddin, Kadis Pertanian Radianto, SP, MMA, Ketua APINDO Tebing Tinggi, Camat Tebing Tinggi Abdul Rahim, para penggiat pertanian Sumut, dan stakeholder terkait lainnya.

Ir. H. Soekirman sangat bersyukur dapat hadir pada acara malam ini terkait rencana pengembangan produk hasil daerah, bukan tanpa alasan karena ini menjadi bukti bahwa Sergai dan Tebing Tinggi saat ini berstatus surplus beras. Jika ada suatu daerah yang berniat menjual produknya dapat diartikan bahwa didaerah tersebut sudah memiliki banyak atau berlebih bahan kebutuhan pokok tersebut.

Malam ini adalah malam yang bersejarah, sebab selama 14 tahun usia Kabupaten Sergai dan 101 tahun usia Kota Tebingtinggi, baru hari ini diadakan kerjasama dalam pemasaran pertanian organik.
“Saya berkeyakinan dengan kerjasama ini akan disusul daerah lain dalam satu produk beras sehat organik akan membawa kecerahan bagi petani di daerah kita.” ungkapnya.

Perkembangan di dunia saat ini diwujudkan dalam Forum Sustainable Development bahwa negara-negara berkembang sepakat menekankan target no poverty and no hunger, atau kita ingin bebas dari kemiskinan dan kelaparan. Untuk mewujudkan pertanian yang maju maka harus meningkatkan mutu dan kualitasnya. Saat ini kita sedang memperbaiki sistem mulai tanaman, tata air, kelembagaan, kemasan hingga pemasaran dalam wujud healty food beras organik.

Terimakasih atas kerjasama yang telah dijalin selama ini baik dalam pertukaran informasi maupun ilmu pengetahuan dan semoga nantinya Sergai dan Tebing Tinggi dapat mewujudkan target ekspor beras organik hingga keluar negeri, pungkasnya.

Sedangkan Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM dalam sambutannya mengatakan Penandatanganan kesepakatan bersama dengan Pemkab Sergai pada malam ini adalah bentuk nyata usaha peningkatan kualitas pertanian dengan mencoba membuka peluang pengembangan kluster pertanian organik.
“Kita harus belajar banyak kepada Kabupaten Sergai yang baru 14 tahun namun sudah bisa melabelisasi hasil pertaniannya dengan sertifikasi organik dari lembaga yang terpercaya secara nasional,” pujinya.

Bersama Pemkab Sergai kami menyatakan kesiapan menjadi kota organik dan menjaga kelestarian pertanian organik, karena walau hanya memiliki lahan yang kecil namun kami akan selalu siap menjaga agar lahan yang kami miliki tidak hilang dengan perkembangan zaman.

Pada kesempatan itu Direktur Bahan Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kementrian Perdagangan RI, Ninuk Rahayuningrum memberikan apresiasi yang luar biasa atas terselenggaranya acara ini dan dapat melihat bahwa otonomi daerah telah berjalan dengan sangat baik. Terselenggaranya acara ini untuk menjaga kemandirian pangan lokal, dan akan meningkatkan kesejahteraan petani, peternak, nelayan serta masyarakat sebagai konsumen didaerah tersebut.
Kementerian Perdagangan juga menyatakan kesiapannya untuk memfasilitasi pemasaran dari produk-produk pertanian yang berasal dari Kota Tebing Tinggi dan Sergai setelah penandatanganan kesepakatan malam ini. (Agus)

Teks Photo :
MoU : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman bersama Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan menandatangani dan menyerahkan Kesepakatan Bersama (MoU) Pengembangan Kluster Padi Organik disela-sela acara Tebing Tinggi Agri Market & Pameran Flora Fauna TAM-PFF ke-5 Tahun 2018 bertempat di Lapangan Sri Mersing Kota Tebing Tinggi, Sabtu (4/8) malam. (Foto: BL/Kominfo Sergai)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *