Serahkan Bansos dan Zakat Produktif di Kabupaten Mojokerto, Gubernur Khofifah Berharap Jadi Bantalan Sosial Masyarakat Rentan Ekonomi

  • Whatsapp

MOJOKERTO, Beritalima.com|
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan Bantuan Sosial (Bansos) untuk masyarakat rentan dan Zakat Produktif bagi Pelaku Usaha Ultra Mikro di Kantor Kecamatan Puri, Kab. Mojokerto Minggu (20/8/2023).

Adapun bantuan yang diserahkan ialah Bansos PKH Plus untuk 30 penerima, masing-masing senilai Rp 500 ribu diterimakan empat kali dalam setahun sehingga total menerima dua juta rupiah.. Bantuan Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD) untuk 7 orang penerima dengan total yang diterima Rp. 900.000 /tahap.

Kemudian Alat Bantuan Disabilitas berupa kursi roda standart untuk dua penerima. Bansos Kelompok Usaha Bersama (KUBE) untuk 20 penerima, masing-masing Rp 3 juta. Bansos Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE) kepada 20 orang senilai Rp 3 juta per orang. Tali Asih senilai Rp 500 ribu untuk 18 orang TKSK dan 20 Tagana serta Zakat Produktif senilai Rp 500 ribu untuk 50 Pelaku Usaha Ultra Mikro.

“Beberapa bansos yang diserahkan hari ini adalah sebagai bantalan sosial bagi masyarakat. Harapannya, penerima manfaat yang berada di garis rentan segera naik kelas karena meningkat kesejahteraannya,” ujar Khofifah.

Terkait zakat produktif, Khofifah juga menyampaikan, pemberian bantuan ini merupakan kolaborasi dengan berbagai pihak. Untuk zakat produktif kali ini dari CSR private sector.

“Kita perkuat kolaborasi untuk membantu pelaku usaha ultra mikro agar terhindar dari jeratan rentenir,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jatim Restu Novi Widiani mengatakan bahwa Kabupaten Mojokerto menerima seluruh bantuan sosial yang telah dicantumkan dalam APBD Pemprov Jatim. Namun, ada satu bantuan yang belum tersalurkan karena masih dalam proses pembukaan rekening kolektif.

“Ada bantuan kemiskinan ekstrim yang belum tersalurkan. Insyaallah minggu depan sudah bisa kami salurkan,” ucapnya

Sementara itu, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran Gubernur Khofifah yang turut memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Mojokerto utamanya di Kecamatan Puri.

“Kami bersyukur Pemprov Jatim memberikan perhatian bagi Kabupaten Mojokerto. Saya mewakili warga Kabupaten Mojokerto mengucapkan terima kasih dan mudah-mudahan Ibu Gubernur selalu hadir diantara kita semua untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat,” ujaranya

“Kami mengupayakan data yang kami himpun untuk mencerminkan kebutuhan dari para penerima manfaat. Kami bersama Dinsos Kabupaten Mojokerto pun mengusahakan untuk tidak adanya data yang tumpang tindih. Agar masyarakat yang sudah dapat (bantuan) tidak mendapatkan lagi (dobel),” tutupnya.

Salah satu penerima manfaat bansos, Rubini (80) mengungkapkan rasa bahagianya saat menerima bantuan tersebut.

“Alhamdulillah sangat senang bisa menerima bantuan dari Ibu Gubernur, bantuan ini akan kami manfaatkan dengan baik. Matur nuwun sanget Ibu,” tukasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait