Seremonial Pamit, Wujud Pelepasan Siswa Kelas IX SMPN 1 Kedungwaru

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritaluma.com- Dalam Rangka Pelepasan siswa Klas IX tahun ajaran 2023/2024, SMPN 1 Kedungwaru (ARSIDUTA), menggelar Purnawiyata di Gedung Indoor Guyub Rukun Komplek Stadion Rejoagung, Minggu, (09/06/2024).

Acara pelepasan siswa klas IX dihadiri oleh, Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris Dinas Pendidikan, Plt Kabid SMP, Komite, seluruh guru dan staf SMPN 1 Kedungwaru, orang tua siswa, wisudawan/wi serta tamu undangan lainnya.

Kepala SMPN 1 Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Dr. Hj. Sri Wahyuni, M.Pd., mengatakan bahwa, pelepasan siswa klas IX tahun ini mengambil Tema: ” Endless Horizons ” Menyambut Masa Depan Yang Luas Dengan Optimisme dan Semangat. Sebanyak 320 siswa dinyatakan 100% lulus semuanya.

Dikatannya, hari ini tugas sebagai Instansi sekolah sudah selesai, karena sudah mengawal anak-anak selama tiga tahun dengan berbagai program dan aktifitas.

“Hari ini, tugas sekolah dan bapak ibu guru untuk mengajar anak telah selesai. 320 siswa ini nantinya harus melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan keinginan mereka, karena sudah diarahkan sesuai dengan talenta. Talenta-talenta yang sudah diajarkan di sekolah menjadi bahan untuk menentukan sekolah selanjutnya,” kata Sri Wahyuni usai acara pelepasan siswa.

Lanjut Sri Wahyuni mengungkapkan, selama ini SMPN 1 Kedungwaru kondusif dalam menata berbagai macam karakter anak, pihaknya bangga bisa mengawal, mendampingi dan mengantarkan siswa hingga lulus semuanya.

“Kuncinya, di SMPN 1 Kedungwaru memiliki berbagai program, sehingga dengan program-program baik akademik maupun non akademik membuat anak disibukkan dengan materi-materi yang hubungannya dengan kualitas pendidikan. Bapak atau ibu guru dengan berbagai strategi dalam kurikulum merdeka, dapat melayani setiap individu anak dengan semaksimal mungkin, ” ujarnya.

Ia menerangkan, walaupun acara pelepasan siswa klas IX tidak di hotel mewah dan dilaksanakan di Indoor, tetapi nuansa megah dan meriah tetap dapat dirasakan oleh seluruh tamu undangan yang hadir.

“Jadi, kami menyesuaikan dengan kemampuan wali murid, kemampuan mereka hari ini kami wujudkan dengan kegiatan yang kami tampilkan dan tidak kalah dengan acara yang digelar di hotel-hotel atau tempat mewah lainnya,” terangnya.

Terkait tema yang diusung tahun ini berbeda dengan tahun kemarin, Kasek menjelaskan, SMPN 1 Kedungwaru mempunyai banyak ivent, sehingga setiap ivent pasti berbeda. Kalau kemarin hubungannya dengan Kendi (ilmu), sekarang dengan seremonial pamit, sebagai wujud seorang anak sebagai ucapan terimakasih kepada bapak/ibu guru, wali kelas dan orang tua.

Pihaknya berharap, anak-anak yang sudah dilepas hari ini, tetap melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi dan tetap menjaga nama harum SMPN 1 Kedungwaru.

“Kami berharap, mereka semua dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi, membawa nama baik almamater Arsiduta,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung, Rahadi P Bintara, SE, M.Si, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk SMPN 1 Kedungwaru karena telah menggelar acara yang sangat mewah dan meriah walaupun tidak dilaksanakan di Hotel atau tempat mewah lainnya.

“Purnawiyata SMPN 1 Kedungwaru ini sesuatu yang luar biasa, karena selain memberikan apresiasi kepada anak didik yang telah menyelesaikan proses pembelajaran mulai dari klas VII-IX tetapi purnawiyata ini dijadikan ajang untuk unjuk karya dari semua talenta-talenta yang ada di sekolah, dipertontonkan dan ditunjukkan kepada seluruh wali murid, komite dan seluruh yang hadir disini,” ucapnya.

“Sehingga, semua terbuka matanya bahwa untuk membentuk anak-anak yang bisa mengekspresikan talenta-talenta itu perlu sentuhan tangan dingin dari bapak/ibu guru yang sudah berkolaborasi dengan seluruh satuan pendidikan,” tambah Kadin Pendidikan.

Menurutnya, support kepada siswa yang berprestasi itu dengan cara memberikan semangat dan apresiasi lebih kepada mereka dengan cara menunjukkan keahliannya kepada seluruh wali murid dan komite yang hadir.

“Dengan disaksikan seluruh yang hadir disini, akan menjadikan hati anak-anak yang berprestasi terus terpacu, sehingga dimanapun nantinya mereka berada akan terus berprestasi,” pungkas Pipit.

Berikut siswa SMPN 1 Kedungwaru yang telah sukses dan berprestasi baik di tingkat Kabupaten maupun Provinsi,

Terbaik di Bidang Akademik :

1 Nerys Norbita Fitriasari Kelas IX A

2. Fendhari Naya Pratista Kelas IX C

3. Hema Kenar Sadina Kelas IX H

4 Evan Khansa Maulana Kelas IX H

5. Waqidatul intan Nuraini Kelas IX G

Terbaik Bidang Non Akademik:

1. Jessica Earlene Arini Kelas IX A Juara I Laga Puncak Silat Perisai Diri Tingkat Nasional Tahun 2023

2. Arif Kurniawan Kelas IX D Juara 1 ATLETIK Tingkat Kabupaten Tahun 2023

3. Mochamad Fahad Eksanto Kelas IX D Juara I LEMPAR CAKRA tingkat Kabupaten Tahun 2023

4. Ivano Wisnu Budi Laras Kelas IX F juara 1 CATUR Tingkat Kabupaten Tahun 2023

5. Mario Adhyaksa Utama Kelas IX E Siswa Berdedikasi Bidang Seni

6. Fransiska Aprilia Azzahra Kelas IX I Siswa Berdedikasi Bidang Literasi

7. Kelas IX H Sebagai pagelaran seni budaya terbaik Tahun 2024. (Dst)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait