Sidang Paripurna Istimewa Warnai Peringatan Hari Jadi Sergai ke-13

  • Whatsapp

 

Serdang Bedagai, Beritalima.com– Dalam Rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang ke-13, digelar sidang Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bertempat di gedung DPRD di Sei Rampah, Sabtu (7/1). 

Sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST dan didampingi para wakil ketua dihadiri Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Wabup Darma Wijaya, unsur Forkopimda, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, serta seluruh anggota DPRD Sergai.

Selain itu mewakili Gubernur Asisten Pemerintahan Umum Provsu Drs. Jumsadi Damanik, SH, M.Hum, Wabup Deli Serdang H. Zainuddin Mars, mantan Pj. Bupati Sergai H. Kasim Siyo, tokoh pemekaran H. OK David Purba, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny. drg. Khairani Hadi Winarno, SKPD, Camat, Kepala Desa, unsur Karang Taruna, tokoh adat, budaya, pemuda, dan agama se-Sergai.

Dalam sambutannya Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST mengatakan rapat paripurna istimewa ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-13 Kabupaten Serdang Bedagai yang jatuh pada tanggal 7 Januari 2017. Untuk sebuah kabupaten yang terus membangun membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat. Momentum hari jadi ini dapat dijadikan bahan evaluasi yang telah dilakukan dan dicapaikan berdasarkan aspirasi masyarakat.

“Ke depan dengan tetap menjaga keharmonisan hubungan baik antara legislatif dan eksekutif, begitu juga unsur Forkopimda dan partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta membangun Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini,” ujar Ketua DPRD.

www.beritalima.com

Mengawali sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan bahwa pembangunan terencana yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2016 terkait urusan wajib maupun pilihan yang meliputi pertama, urusan Pendidikan dengan pencapaian peningkatan kinerja dapat ditandai dengan meningkatnya angka melek huruf, lalu Angka Partisipasi Kasar (APK) dengan capaian SD/MI sudah mencapai 109,5%, SMP/MTS sudah mencapai 98,82%, SMA/SMK/MA mencapai 87,65%. Kedua, kesehatan ditandai dengan menurunnya Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Ibu melahirkan (AKI) serta meningkatnya Usia Harapan Hidup (UHH).

Sedangkan ketiga lanjut Soekirman adalah urusan Pekerjaan Umum dengan capaian pembangunan dibidang infrastruktur jalan pada tahun 2016 yaitu proporsi panjang jaringan jalan dalam kondisi baik mencapai 913,64 km atau 62% dari total 1.463,95 km jalan di Kabupaten Sergai. Adapun luas irigasi dalam kondisi baik sampai saat ini mencapai 7.388,4 Ha.

“Disamping adanya kemajuan dan peningkatan kinerja dalam pembangunan pada tahun 2016, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai juga memperoleh beberapa prestasi dan penghargaan baik tingkat provinsi maupun nasional, diantaranya Parahita Ekapraya peringkat Madya, pengakuan beras organik produksi asli Sergai melalui Sertifikat Beras Organik oleh Lembaga Sertifikasi Organik Nasional, serta salah satu Juara Tenaga Kesehatan Teladan tingkat nasional,” papar H. Soekirman.

Pada kesempatan yang sama mewakili Gubernur, Asisten Pemum Drs. Jumsadi Damanik, SH, M.Hum menyampaikan ucapan selamat Hari Jadi Sergai yang ke-13. Momentum hari jadi diharapkan dapat membangkitkan gairah dan motivasi terhadap aparatur dan warga masyarakat dan dapat dijadikan evaluasi demi memajukan daerah ini. Dihimbau kepada seluruh elemen pemerintah dan masyarakat agar senantiasa bekerjasama dan berkontribusi positif guna pembangunan daerah.

Dalam rapat paripurna istimewa kali ini diselingi pemaparan mengenai rencana pengembangan ruas jalan Sei Rampah-Tebing Tinggi dan rencana pengembangan kompleks kantor Pemerintahan serta pemberian penghargaan dan bantuan hibah.

 

Resepsi dan Syukuran Hari Jadi Sergai ke-13

Setelah dilaksanakan Sidang Istimewa, pada siang harinya dilanjutkan dengan resepsi dan syukuran Hari Jadi Kabupaten Sergai bertempat di halaman Rumah Dinas Bupati di Sei Rampah.

Pada acara tersebut, Gubsu Ir. HT. Erry Nuradi MSi didampingi Ketua TP PKK Provsu Ny. Hj. Evi Diana Erry beserta jajaran SKPD yang berkesempatan untuk hadir menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat hari jadi kepada Kabupaten Sergai yang telah banyak mengalami kemajuan-kemajuan yang pesat. Kami berpesan kepada Bupati dan Wabup agar kemajuan-kemajuan itu terus dipertahankan dan ditingkatkan untuk masa-masa yang akan datang terutama yang berhubungan dengan pelayanan kemasyarakatan seperti akses jalan, puskesmas dan lain sebagainya.

“Oleh karena itu kita terus akan bersinergi dengan menjalankan masing-masing tupoksi provinsi dan kabupaten dan dibawah kepemimpinan Soekirman-Darma Wijaya akan semakin bertambah maju lagi untuk menjadi salah satu Kabupaten terbaik di Sumut ini” pungkas Gubernur Sumut, Erry Nuradi.

 

Pemkab Gelar Malam Hiburan Rakyat

Pada malam sebelumnya, digelar malam hiburan rakyat di halaman komplek Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan. Acara yang diisi dengan penampilan Duo-M (Mustak dan Mustik) artis dangdut asal Kecamatan Tanjung Beringin yang masuk nominasi audisi dangdut d’academy disalah satu stasiun TV swasta nasional dan unjuk kebolehan tarik suara para pemenang gebyar Dangdut Pelajar/Umum tingkat Sergai Tahun 2016 serta artis-artis pendukung lainnya.

Malam hiburan rakyat ini sebagai bentuk apresiasi Pemkab Sergai kepada masyarakat atas partisipasinya dalam pembangunan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini.(siti)

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *