Simulasi Pilkada, KPU Sumenep Terapkan Prokes Ketat

  • Whatsapp
Simulasi pemungutan suara dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat, mengingat Pilkada kali ini digelar saar masa pandemi. Para pemilih yang akan masuk ke TPS terlebih dahulu di ukur suhu tubuhnya, kemudian diminta untuk mencuci tangan dengan sabun

SUMENEP, beritalima.com| Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep Madura menggelar simulasi Pilkada 2020 meskipun pandemi Covid -19 masih berlangsung, simulasi ini digelar untuk mempersiapkan mekanisme pemungutan suara ditengah pandemi.

Ketua KPU Kabupaten Sumenep, Abdul Warits mengatakan kegiatan ini bermulai rapat koordinasi pihaknya di Tuban, Ia bercerita dari sanalah melakukan koordinasi hingga simulasi Pilkada 2020 dilakukan.

Bacaan Lainnya

“KPU Sumenep telah menetapkan DPT, kami yakini penetapan DPT beberapa waktu lalu tidaklah mungkin 100 persen benar, selalu dinamis dan kami dibeberapa tempat selalu menyampaikan,” kata Abdul Warits saat menyampaikan laporan Lapangan Stadion Ahmad Yani Sumenep, Sabtu (31/10/2020).

KPU melibatkan peserta undangan 264 surat suara dan 2,5 persen cadangan dalam kegiatan simulasi tersebut.

“Hingga tingkat PPS sudah maksimal dan DPT sudah ditetapkan sebanyak 822.320,” katanya.

Warist mengakui, ‘simulasi sirekap’ ini digelar baru pertama kali di Indonesia, dan dan dilaksanakan di Sumenep.

Simulasi ini dihadiri Komisioner KPU RI, Ilham Saputra, komisioner KPU Provinsi Jawa Timur, serta beberapa komisioner KPU kabupaten/kota se Jawa timur yang juga melaksanakan pemilihan kepala daerah tahun 2020.

Untuk diketahui, Simulasi pemungutan suara tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat, mengingat Pilkada kali ini digelar saar masa pandemi. Para pemilih yang akan masuk ke TPS terlebih dahulu di ukur suhu tubuhnya, kemudian diminta untuk mencuci tangan dengan sabun.

KPU Sumenep bersama jajaran telah siap untuk melaksanakan Pilkada dengan menerapkan protokol kesehatan. “Alhamdulillah jajaran kami sudah siap semuanya. Saat ini dalam tahap pembentukan KPPS. Nantinya KPPS juga akan di rapid sebelum pelaksanaan pemungutan suara,” terang Ketua KPU Kabupaten Sumenep, Abdul Warits, SH.
(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait