Siti Alfia Ayu Rohmayanti Terpilih Jadi Duta Intelegensia BAZNAS Jawa Timur 2023

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com|
Mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) kembali mengukir prestasi. Kali ini, prestasi membanggakan datang dari Siti Alfia Ayu Rohmayanti, mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Ia berhasil terpilih sebagai Duta Intelegensia BAZNAS Provinsi Jawa Timur Tahun 2023.

Pemilihan Duta Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Timur 2023 merupakan rangkaian acara untuk memperingati HUT Yang Ke-22 BAZNAS. Tujuannya adalah mengedukasi kaum pemuda-pemudi milenial tentang Zakat Infaq Sodaqoh.

“Karena potensi zakat di Jatim itu tinggi dan masih perlu promosi lagi di beberapa tempat. Jadi adanya pemilihan duta ini tujuannya untuk memberikan branding zakat secara kreatif dan inovatif,” ujar Alfia.

Seperti pemilihan duta pada umumnya, Alifa mengawali pemilihan Duta BAZNAS Provinsi Jawa Timur dengan beberapa tahapan. Mulai tahap seleksi administrasi, tes tulis, karantina, dan deep interview. Menurut Alifa, tantangan pemuda saat ini adalah kurangnya pengetahuan seputar berzakat.

Ia menambahkan, kalangan milenial belum banyak yang menganggap serius untuk berzakat. Jadi, duta zakat sangat penting dalam membantu promosi program bagi Lembaga Amil Zakat (LAZ).

Ajang seleksi Duta BAZNAS Jawa Timur 2023 merupakan kegiatan kali pertama di Indonesia. Sebab, di provinsi lain, bahkan pusat belum pernah terselenggara.

“Aku rasa menjadi Duta Baznas adalah tempat terbaik untukku mengaplikasikan ilmu yang aku dapat. Nggak cuma di atas kertas, Nggak Cuma untuk diriku sendiri, tetapi untuk secara langsung ke masyarakat,” ujarnya.

Selain berjiwa sosial yang tinggi, Alfia kerap mengikuti berbagai event bereputasi lainnya. Misalnya, menjadi Duta Waqaf Kampus dan Study of U.S institute (SUSIs) Washington, Amerika Serikat.

Merujuk pada laman jatim.baznas.go.id tahap seleksi interview diikuti oleh 148 peserta, kemudian yang lolos akan menuju ke tahap Grand Final. Banyaknya jumlah peserta Pemilihan Duta BAZNAS 2023 menunjukkan antusiasme anak-anak muda untuk mengedukasi tentang Zakat kepada generasi milenial. (Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait