SMA Awards Jatim 2023, Gubernur Khofifah: Jadi Ajang Siapkan Generasi Emas Menuju Indonesia Emas 2045

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri gelaran SMA Awards 2023 di Dyandra Convention Center Surabaya, Kamis (30/11/2023) malam.

SMA Awards ini merupakan acara tahunan yang digagas oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jatim bekerjasama dengan Jawa Pos. Ajang bergengsi ini menjadi wadah bagi siswa siswi SMA di Jatim untuk mengembangkan potensi baik akademik dan non akademik melalui 35 kategori lomba yang ada.

Dalam sambutannya Khofifah mengatakan SMA Awards 2023 ini merupakan salah satu upaya untuk menggali potensi terbaik dari para pelajar SMA di Jatim baik di sisi akademik dan non akademik. Tidak hanya itu, SMA Awards ini merupakan ajang untuk menyiapkan para generasi emas menuju Indonesia Emas 2045.

“Mereka yang malam hari ini sudah menunjukkan prestasi terbaiknya adalah mereka yang kita siapkan untuk menjadi generasi emas menuju Indonesia Emas 2045. InsyaAllah prestasi-prestasi ini yang akan terus ditingkatkan di skala regional, nasional dan global,” katanya.

“Anak-anakku para champion semua, teruslah memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Kalian semua adalah para pemimpin di masa Indonesia Emas 2045,” imbuhnya.

Khofifah mengatakan, SMA Awards ini juga menjadi ajang menyiapkan pelajar di Jatim dalam meraih prestasi terbaik di tahun-tahun mendatang. Siswa siswi SMA Jatim harus dipersiapkan untuk menjadi generasi penerus pemimpin di masa depan yang berkontribusi pada kemajuan bangsa.

“Jawa timur terus melakukan inovasi, bimbingan dan pelatihan dengan output berbagai prestasi yang diraih pada ajang bergengsi tingkat nasional maupun internasional di bidang sains, seni, dan olahraga,” terangnya.

Tidak hanya itu, Khofifah juga menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada seluruh guru, pendamping, pelatih dan mentor dari seluruh SMA se-Jawa Timur, atas upaya yang tidak kenal lelah dalam membina, mengembangkan dan mendampingi anak didiknya hingga meraih berbagai prestasi yang membanggakan.

Menurutnya, para guru, pendamping, dan mentor ini adalah sosok hebat karena anak didiknya yang meraih prestasi di SMA Awards ini adalah very important person atau VIP. Dan para guru inilah yang sedang menyiapkan para generasi emas menuju Indonesia Emas 2045.

“Maturnuwun panjenengan semua telah membina, mengembangkan dan mendampingi putra-putri didiknya. Saya mohon hari ini cara pandang kita kepada anak didik, mereka adalah generasi very important person (VIP). Ini yang harus panjenengan catat setiap mengajar,” paparnya.

“Mudah-mudahan seluruh ikhtiar ini selalu diberikan kemudahan, kesuksesan, dan keberkahan. Mudah-mudahan menjadi amal jariyah semua para guru yang selalu memberikan pendampingan kepada seluruh anak didiknya,” sambungnya.

Lebih lanjut, Khofifah mengatakan bahwa pendampingan, pembelajaran dan pendidikan yang dilakukan oleh para guru menjadi bagian dari upaya menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui bidang kita masing-masing.

“Karena ketika panjenengan mendidik putra-putri didik di SMA masing-masing, maka sesungguhnya panjenengan sedang menyiapkan bagaimana NKRI menjadi bagian dari sistem global yang akan memberikan penguatan dimulai lini paling kecil, sampai kemudian menjadi referensi nasional dan referensi global,” tekannya.

Secara khusus, terkait tema Awarding Night malam ini yakni ‘Futuristic Ocean’, Khofifah mengatakan bahwa saat ini menjadi era menuju green economy yang pada akhirnya menuju blue economy.

“Artinya, tema malam ini akan menjadi semangat kita melakukan penguatan di semua lini, semua sektor, menuju blue economy. Bahwa proses pembangunan yang kita lakukan hendaknya tidak meninggalkan sampah dan polusi,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Khofifah juga dikukuhkan sebagai Bunda Pendidikan Jatim dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Jatim. Pengukuhan ini berupa selempang (MKKS Negeri) dan medali (MKKS Swasta). Ia juga turut menerima Surat Pencatatan Hak Cipta Lagu Mars SMA Jawa Timur dari perwakilan Kemenkumham.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Aries Agung Paewai mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Gubernur Khofifah dalam penyelenggaraan SMA Awards di tahun ke-enamnya. Bahkan, jumlah partisipasi siswa yang mengikuti pada tahun ini juga bertambah dari tahun-tahun sebelumnya.

“Dengan total 35 cabang lomba, harapannya para pemenang nantinya bisa diikutkan pada gelaran Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) atau Olimpiade Sains Nasional, termasuk kompetisi baik di level provinsi maupun nasional,” ucapnya.

Aries menambahkan, saat ini Dinas Pendidikan Prov. Jatim tengah melakukan upaya revitalisasi Palang Merah Indonesia. Untuk itu dalam kesempatan ini turut dilakukan penandatanganan MoU antara Disdik Jatim dan PMI tentang revitalisasi Palang Merah Remaja pada SMA, SMK dan SLB di Jatim.

“Insya Allah kegiatan ini akan menghidupkan kembali semangat kemanusiaan yang dimiliki para siswa kita yang ada di Jawa Timur,” tandasnya.

Di akhir, Kadisdik Jatim secara khusus berterima kasih atas MARS SMA Jatim yang merupakan ciptaan Gubernur Khofifah. Ini menjadi yang pertama kalinya SMA Jatim memiliki satu Mars yang sama.

“Terima kasih Ibu Gubernur. Baru kali ini ada mars yang diciptakan khusus untuk SMA di Jawa Timur. Mudah-mudahan ini akan diadopsi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Khofifah turut menyerahkan Penghargaan kepada empat orang yang memiliki andil dalam peningkatan mutu pendidikan di Jawa Timur. Keempatnya adalah Rektor ITS, Komandan STTAL, Dirut PT Jawa Pos dan Karo SDM Polda Jatim.

Selain itu, Khofifah didampingi Kadis Pendidikan Provinsi Jatim Aries Agung Paewai juga menyerahkan berbagai penghargaan bagi juara 1, 2 dan 3 dari masing-masing kategori lomba. Dimana Juara Umum SMA Awards 2023 ini diraih oleh SMA Negeri 5 Surabaya.

Sebagai informasi, total ada 35 kategori lomba dalam SMA Awards 2023 kali ini yang terbagi dalam tiga kelompok besar yakni akademik, non akademik dan olahraga. Ke-35 kategori lomba tersebut yakni Lomba Kompetisi sains, Debat Bahasa Inggris, Technopreneur, Robotik, Cerdas Cermat Kebangsaan, Osis Eksis, Duta Pelajar Putra, dan Duta Pelajar Putri.

Kemudian lomba Cipta Lagu, Cipta Puisi, Cerpen, Desain poster, Komik Strip, Fotografi, Monolog, Story Telling, Gitar Solo, Menyanyi Solo Putra, Menyanyi Solo Putri,nTraditional Dance, Vocal Group, Sinematografi, pencak silat putra, pencak silat putri, renang putra, renang putri, bulu tangkis putra, dan bulu tangkis putri.

Selanjutnya lomba karate putra, karate putri, basket putra, basket putri, volly putra, volly putri, dan futsal. Total ada 22.292 peserta dari SMA Negeri dan Swasta di Jatim yang mengikuti ajang SMA Awards Tahun 2023.(Yul)

beritalima.com

Pos terkait